nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Panduan Jalani Diet Paleo, Makanan yang Harus Dikonsumsi dan Dihindari

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 13 Juli 2018 16:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 13 481 1921924 panduan-jalani-diet-paleo-makanan-yang-harus-dikonsumsi-dan-dihindari-G3TxwgaqLi.jpg Ilustrasi (Foto: Everydayhealth)

OBESITAS, penyakit jantung, dan diabetes, adalah sederet masalah kesehatan yang digadang-gadang dapat disembuhkan dengan diet paleolitik (paleo). Sesuai dengan namanya, diet paleo juga dikenal dengan istilah diet manusia purba karena mengadaptasi pola makan nenek moyang pada masa paleolitik.

Menurut seorang ahli nutrisi Loren Cordain, untuk memulai diet paleo seseorang harus berolahraga secara rutin sambil menerapkan diet ketat, di mana makanan yang dapat dikonsumsi hanya berasal dari makanan yang dikumpulkan atau diburu.

Dalam bentuknya yang paling murni, diet paleo sebetulnya hanya memakan jenis makanan yang dikonsumsi manusia pruba ketika mereka pertama kali menjelajahi planet ini jutaan tahun yang lalu.

Cordain mengatakan, diet ini dapat meningkatkan kesehatan karena mengurangi dan menghilangkan makanan yang menggandung lemak, kalori, serta yang memiliki sedikit nilai gizi.

Secara sederhana, sebagian besar makanan yang dikonsumsi oleh para pelaku diet paleo terdiri dari buah-buahan dan sayuran yang penuh dengan vitamin, mineral, dan serat yang diklaim dapat membuat rasa kenyang menjadi lebih lama. Dengan demikian makanan yang anda konsumsi pun menjadi lebih sedikit, sehingga dapat membantu mengurangi berat badan.

"Anda akan kehilangan berat badan karena setiap kali Anda membatasi asupan makanan, otomatis kandungan kalori yang masuk ke dalam tubuh cenderung lebih rendah," ujar Lona Sandon, asisten profesor dari University of Texas Southwestern Medical Center.

Sandon menambahkan, ketika Anda mengimbangi diet ini dengan berolahraga secara rutin, aktivitas tersebut dapat membantu proses pembakaran kalori yang tersisa di dalam tubuh.

Fokus utamanya adalah mendapatkan protein tanpa lemak. Pasalnya, beberapa jenis buah dan biji-bijian memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi seperti kacang. Jadi jika Anda tidak bisa membatasi konsumsi makanan tersebut, berat badan justru akan meningkat.

Nah, untuk mengetahui makanan apa saja yang harus dikonsumsi atau dihindari oleh para pelaku diet paleo, berikut Okezone rangkum ulasan lengkapnya, sebagaimana dilansir dari Everydayhealth, Jumat (13/7/2018).

Diet Paleo

Makanan yang direkomendasikan

1. Daging tanpa lemak

2. Ikan tuna, salmon, atau yang kaya asam lemak omega-3

3. Buah-buahan

4. Sayuran

5. Telur

6. Kacang-kacangan

7. Biji-bijian

Makanan yang harus dihindari

1. Seluruh produk dairy, seperti susu dan yogurt

2. Gandum, oat, dan barley

3. Legume, lenting, kacang tanah, dan kacang polong

4. Gula halus

5. Garam

6. Kentang

7. Minuman bersoda

8. Makanan olahan

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini