7 Makanan & Minuman yang Enggak Boleh Dikonsumsi saat Perut Kosong

Agregasi Hellosehat.com, Jurnalis · Jum'at 13 Juli 2018 15:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 13 481 1921929 7-makanan-minuman-yang-enggak-boleh-dikonsumsi-saat-perut-kosong-4Ju0zN5VaP.jpg Ilustrasi (Shutterstock)

JAKARTA - Anda menahan lapar karena sudah berjam-jam tidak makan, kemudian Anda membayangkan lezatnya rendang dan segarnya es jeruk. Eits, tidak semua makanan boleh Anda santap saat perut kosong, lho. Sebab, ada beberapa makanan yang kalau disantap saat perut kosong malah dapat mengganggu kesehatan Anda. Apa saja?

 

Makanan yang harus dihindari saat perut kosong

Dr. Rupali Datta, seorang ahli gizi klinik dari Fortis Hospital di India menyarankan beberapa makanan yang harus dihindari saat perut kosong atau saat bangun tidur. Ini bertujuan agar sistem pencernaan kembali berfungsi secara optimal setelah diistirahatkan selama berjam-jam.

BACA JUGA: Hanya dengan Cium Aroma Makanan Bikin Perut Keroncongan? Ini Sebabnya

Nah, ini dia berbagai jenis makanan dan minuman yang tidak boleh Anda konsumsi saat perut kosong.

1. Makanan pedas

Ilustrasi, ShutterstockFoto: Shutterstock

Makanan yang wajib Anda hindari saat perut kosong adalah makanan yang pedas atau sangat berbumbu. Pasalnya, makanan pedas dapat mengiritasi lapisan perut dan menyebabkan kram perut. Selain itu, rasa pedas dapat memicu gangguan pencernaan sehingga tidak cocok disantap saat perut kosong. Oleh karena itu, hindari makan rendang atau ayam cabai hijau yang pedas kalau Anda sudah lapar keroncongan.

2. Makanan atau minuman manis

Anda tidak disarankan untuk meminum segelas jus buah atau es jeruk saat perut kosong. Jus buah akan memforsir kerja pankreas yang masih beradaptasi dari kondisi saat tidur atau saat perut kosong.

Kandungan gula pada makanan dan minuman manis juga akan membebani kerja hati. Apalagi kalau Anda mengonsumsi gula olahan seperti dalam minuman manis kemasan, es krim, atau permen.

3. Minuman bersoda

Soda atau minuman berkarbonasi tidak baik untuk dikonsumsi kapan pun, apalagi saat perut kosong. Selain meningkatkan risiko obesitas, kandungan asamnya dapat bercampur dengan asam lambung sehingga dapat menyebabkan mual dan timbunan gas di perut.

Ilustrasi, ShutterstockFoto: Shutterstock

Setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh akan dilarutkan dengan bantuan asam yang dihasilkan oleh lambung. Namun, bila tidak ada makanan dalam perut, ini hanya akan menambahkan asam ke dalam sistem pencernaan tanpa ada yang dilarutkan. Hal ini dapat menyebabkan pencernaan melambat. Gejalanya antara lain sakit perut dan sembelit (susah buang air besar).

4. Minuman dingin

Saat perut lapar dan keroncongan, sepertinya makan nasi ayam dengan es jeruk adalah pilihan yang tepat. Eits, tunggu dulu. Anda tidak disarankan untuk minum es jeruk atau minuman dingin sejenisnya ketika perut Anda kosong. Pasalnya, minum minuman dingin saat perut kosong dapat merusak selaput lendir dan membuat kerja sistem pencernaan melambat. Karena itu, pilihlah minuman dengan suhu hangat (suam-suam kuku) untuk mendorong sistem metabolisme Anda bekerja lebih maksimal.

5. Buah-buahan sitrus

Contoh buah-buahan yang masuk dalam kelompok sitrus antara lain jeruk, lemon, jeruk nipis, dan jeruk bali. Buah-buahan ini pada dasarnya sehat dan bergizi. Namun, buah sitrus tidak baik dikonsumsi dalam kondisi perut kosong karena dapat meningkatkan produksi asam dalam lambung Anda. Selain itu, kandungan serat yang sangat tinggi dan fruktosa (gula alami) pada buah sitrus dapat memperlambat sistem pencernaan.

BACA JUGA: Tidak Hanya Tulang Sehat, Paparan Sinar Matahari Pagi Bisa Cegah Kanker!

6. Sayuran mentah

Ilustrasi, ShutterstockFoto: Shutterstock

Sayuran mentah seperti dalam salad, karedok, atau trancam memang rasanya segar. Akan tetapi, menu makan dengan berbagai jenis sayuran mentah tidak cocok dikonsumsi saat perut kosong. Pasalnya, sayuran mengandung serat kasar yang justru memberikan beban ekstra pada sistem pencernaan saat perut kosong. Selain itu, sayuran mentah juga bisa membuat sakit perut dan kembung. Kalau Anda memang mau mengonsumsi sayur mentah, pastikan perut Anda tidak benar-benar kosong. Anda bisa melakukan “pemanasan” dengan ngemil kacang-kacangan atau yogurt kira-kira 2 jam sebelum makan.

7. Kopi

Ilustrasi, ShutterstockFoto: Shutterstock

Kopi memang dapat membantu mengatasi rasa kantuk saat Anda dikejar deadline, tetapi kopi bukan pilihan yang tepat untuk dikonsumsi saat perut kosong. Pasalnya, zat dalam kopi dapat merangsang sekresi asam klorida yang menyebabkan perut mulas dan berakhir pada gastritis (maag). Jadi, pastikan Anda sudah makan dulu sebelum minum kopi favorit Anda.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini