7 Manfaat Susu Unta yang Dikatakan Lebih Baik dari Susu Sapi atau Kambing!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 14 Juli 2018 00:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 13 481 1921955 7-manfaat-susu-unta-yang-dikatakan-lebih-baik-dari-susu-sapi-atau-kambing-5C3R2TfZPr.jpg Susu unta bisa cegah diabetes (Foto: Naturallivingideas)

MUNGKIN Anda merasa ganjil dengan judul tersebut. Tapi, sudah banyak fakta yang menjelaskan bahwa banyak manfaat susu unta yang tak dimiliki susu kambing mau pun susu sapi.

Hal ini dikarenakan susu unta dipercaya memiliki nutrisi yang lebih kuat dan senyawa kimia yang lebih baik. Lebih lanjut lagi, selama beberapa generasi, susu ini hanya digunakan untuk subsisten dalam budaya tersebut, tetapi mengingat manfaat kesehatan yang tak terbantahkan dari susu ini dibandingkan dengan bentuk-bentuk susu yang lebih tradisional, telah terjadi peningkatan besar dalam pertanian susu unta.

Namun, sangat mahal untuk memanen susu unta, kira-kira lima puluh kali lebih mahal daripada susu sapi. Hal ini yang membuat susu unta sangat mahal.

Mungkin sulit untuk menemukan pasokan susu unta yang dapat diandalkan di daerah Anda, tetapi di beberapa pasar makanan khusus, Anda kemungkinan akan menemukannya. Terlebih jika Anda mencarinya di seluruh Timur Tengah dan Afrika Utara.

Nah, apa sih yang sebetulnya terkandung di susu unta?

Dilansir dari Organic Facts, susu unta dipercaya mengandung cukup banyak kadar zat besi, vitamin C, dan protein yang jauh lebih tinggi dibanding susu jenis lain. Keunggulan susu ini juga adalah lebih rendah lemak.

Dari kandungan tersebut, beberapa referensi mengaitkan dengan manfaat langsung pada tubuh manusia. Nah, berikut 7 keuntungan dari mengonsumsi susu unta

1. Pengobatan Diabetes

Susu unta memiliki banyak nutrisi, termasuk insulin, yang merupakan komponen penting dari kesehatan manusia. Keseimbangan antara insulin dan glukosa sangat penting untuk pencegahan diabetes, yang mana ini membuatnya menjadi solusi alami yang potensial untuk diabetes.

2. Meningkatkan Kekebalan

Ada tingkat protein dan senyawa organik lainnya yang tinggi dalam susu unta, beberapa di antaranya memiliki kemampuan antimikroba yang kuat. Ini berarti susu unta dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membuat Anda tetap sehat.

Susu unta

3. Membantu Proses Pertumbuhan

Tingginya protein hewani yang ditemukan dalam susu unta, banyak yang tidak ditemukan dalam susu kambing atau sapi, dapat membantu merangsang pertumbuhan dan perkembangan tulang dan sistem organ yang tepat.

Protein adalah salah satu blok bangunan paling dasar dari tubuh, dan susu ini menyediakan banyak protein di dalamnya. Bahkan, dalam banyak budaya, susu ini diberikan kepada bayi dan anak-anak yang kekurangan gizi, karena dapat meningkatkan kesehatan dan kebugaran secara dramatis.

Susu ini juga pertama kali digunakan sebagai cara untuk memperpanjang perjalanan melewati gurun ketika makanan dan kemungkinan makanan cair lainnya terbatas.

4. Merangsang Sirkulasi

Kandungan besi yang tinggi ditemukan dalam susu unta ini membuatnya ideal untuk mencegah anemia. Besi adalah komponen penting dari sel darah merah, yang berarti dapat meningkatkan sirkulasi darah dan oksigenasi sistem organ tubuh dan ekstremitas. Setelah melahirkan, cedera, atau periode malnutrisi, susu unta dapat sangat membantu menjaga kesehatan.

5. Pengobatan autisme

Konsentrasi tinggi senyawa organik unik telah diketahui memiliki efek yang sangat kuat pada sistem saraf dan bahkan dapat mencegah gangguan autoimun tertentu.

Sejumlah studi kasus menunjukkan bahwa gejala autis dapat berkurang atau hilang sepenuhnya ketika susu unta diminum secara teratur. Penjelasan lebih jelasnya memang belum diketahui, tetapi ini adalah obat baru yang sangat berharga untuk masalah ini.

6. Reaksi alergi

Susu unta telah dihubungkan dapat mengurangi reaksi alergi pada mereka yang rutin mengkonsumsinya. Selain itu, jika mengonsumsi susu ini, Anda tidak akan merasakan reaksi laktosa intoleransi yang sama pada susu sapi, karena susu ini memiliki susunan kimia yang berbeda secara signifikan dengan susu sapi.

7. Kesehatan jantung

Dengan serangkaian asam lemak yang sehat dan lengkap, susu unta dapat meningkatkan keseimbangan kolesterol dalam tubuh. Dengan mengurangi kolesterol “jahat” di dalam tubuh, tentunya berdampak membantu mengurangi atherosclerosis, serangan jantung, stroke, dan bahkan membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini