nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Minum Soda Susu Bisa Bersihkan Paru-Paru? Simak Penjelasan Dokter Yuk

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 14 Juli 2018 10:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 13 481 1921969 minum-soda-susu-bisa-bersihkan-paru-paru-simak-penjelasan-dokter-yuk-Nfp0SxGPyC.jpg Ilustrasi soda susu (Foto: Youtube)

BANYAK beredar di masyarakat kita pendapat bahwa dengan mengonsumsi soda susu dapat membersihkan paru-paru. Trik ini yang kemudian dijadikan cara agar hasil medical check-up sempurna, padahal Anda perokok!

Pola pikir seperti itu masih banyak sekali ditemukan di lingkungan kita. Padahal, informasi sudah sangat banyak dan keterbukaan ilmu pun sudah sangat membantu masyarakat.

Nah, memangnya benar bisa berdampak demikian? Kaitannya apa?

Okezone coba menanyakan informasi ini ke Dokter Spesialis Penyakit Dalam Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB. Jawaban singkat diberikannya, "Itu mitos!"

Ya, pernyataan 'Minum soda susu dulu sebelum medical check-up, biar paru-paru ANda bersih' adalah mitos belaka. Dr. Ari pun menyayangkan masih banyak masyarakat kita yang terjebak dalam kesalahpahaman itu.

"Saya selalu mendengar pendapat itu dan sudah menjadi tugas kita bersama menjelaskan bahwa prinsip tersebut sangat keliru dan tidak harus dipercaya lagi," tegas Dr. Ari saat dihubungi Kamis 12 Juli 2018.

Soda Susu

Malah, Dr. Ari menyarankan, bagi mereka yang memiliki masalah lambung untuk tidak mengonsumsi soda susu ini secara berlebihan. Sebab, soda dapat memberikan dampak buruk bagi lambung Anda dan ini malah menjadi masalah bagi penderita.

Dr. Ari melanjutkan, kekeliruan yang juga salah kaprah adalah pernyataan 'Paru-paru bersih dan paru-paru kotor'. Dia menegaskan bahwa istilah tersebut tidak ada di dunia medis dan masyarakat kita masih banyak yang meyakini hal itu benar!

"Ya, kalau paru-parunya berlendir dan bermasalah, tentu akan menimbulkan dampak pada orang tersebut dan tentunya dia diminta untuk memeriksakan lebih lanjut ke tenaga medis. Jadi, stop percaya adanya istilah paru-paru kotor maupun paru-paru bersih," sambungnya.

So, bagaimana sih supaya bisa mendapatkan paru-paru yang sehat menurut ahli medis?

Dr. Ari menjelaskan bahwa pola hidup yang sehat dengan tidak merokok, berada jauh dar sumber polusi, pun juga rutin berolahraga menjadi cara yang bisa dilakukan semua orang.

"Olahraga yang rutin dan mengonsumsi makanan yang sehat menjadi cara supaya Anda mendapatkan paru-paru yang sehat," sarannya. Dr. Ari menegaskan bahwa mulai dari sekarang sudah jangan percaya lagi dengan hoax seperti itu. "Sudah, tidak ada lagi tawar-menawar mengenai hoax seperti ini," ucapnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini