Bolehkah Minum Susu Setelah Minum Obat? Ini Penjelasan Dokter

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Sabtu 14 Juli 2018 11:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 13 481 1922048 bolehkah-minum-susu-setelah-minum-obat-ini-penjelasan-dokter-paUvVFgprW.jpg Minum susu dengan obat (Foto:Ist)

OBAT adalah benda yang digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan. Semua orang tentu sudah pernah mengonsumsinya, terlepas dari jenis penyakit yang mereka derita. Mulai dari influenza, demam, hingga penyakit berbahaya seperti kanker pun diharuskan mengonsumsi obat-obatan anjuran dokter.

Dalam perkembangannya, ada banyak sekali kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat saat meminum obat. Beberapa orang mengaku meminum obat dengan air putih, jus buah, bahkan ada yang meminumnya dengan segelas susu.

Perlu Anda ketahui bahwa obat mengandung bahan tertentu yang dapat berinteraksi secara berbeda pada setiap tubuh manusia. Bentuk interaksinya pun bermacam-macam, tergantung jenis obat dan nutrisi pada makanan serta minuman yang dikonsumsi setelah meminum obat. Begitu pula dengan susu.

 Sering Berkeringat saat Tidur? Ini Lho Penjelasan Dokter

Hal tersebut dijelaskan secara gamblang oleh Dr. Ari Fahrial Syam, SpPD, dokter spesialis penyakit dalam FKUI RSCM. Sebetulnya minum susu setelah minum obat itu tidak membahayakan tapi tidak dianjurkan.

"Prinsipnya begini, kalau minum obat dianjurkannya dengan air putih. Kalau dengan susu justru bisa mengganggu penyerapan dari obat tersebut. Jadi harus diberi jarak, kira-kira setengah jam sampai satu jam," tutur Dr. Ari Fahrial Syam saat dihubungi Okezone via telepon, Jumat (13/7/2018).

 7 Tanda Tak Biasa yang Menunjukkan Wanita Sedang Hamil

Lebih lanjut ia menjelaskan, pasien harus mengetahui bahwa ada beberapa jenis obat-obatan yang diminum dengan teknik yang berbeda. Misalnya, obat maag yang harus dikonsumsi saat perut kosong.

Lalu ada juga obat yang diminum bersamaan dengan makan. "Intinya minum susu dengan obat itu tidak berbahaya, tapi tidak dianjurkan. Selain penyerapan obat terhambat, susu juga bisa memperlampat pengosongan lambung," tukasnya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini