Benarkah Roti Gosong Bisa Memicu Kanker? Begini Kata Ahli Kesehatan

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 13 Juli 2018 20:22 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 13 481 1922104 benarkah-roti-gosong-bisa-memicu-kanker-begini-kata-ahli-kesehatan-ymaXE9ZUDv.jpg Roti gosong (Foto: Timesofindia)

SEBUAH informasi terbaru yang dikeluarkan oleh Food Standards Agency (FSA) di Inggris terkait kemungkinan seseorang terkena kanker akibat memakan roti panggang gosong, memicu perdebatan hebat di tengah masyarakat setempat. Jika ditelaah lebih lanjut, informasi serupa sebetulnya sempat dikeluarkan beberapa waktu lalu, namun tidak didukung dari hasil penelitian para ahli kesehatan.

Tapi, apakah roti panggang gosong benar-benar dapat memicu kanker? Menurut buzz online, beberapa jenis makanan yang tinggi kandungan patinya dan dimasak pada suhu tinggi, cenderung menlepaskan senyawa "akrilamida". Senyawa inilah yang akan meningkatkan risiko kanker pada tubuh Anda.

Dilansir dari Times of India, Jumat (13/7/2018), akrilamida mengacu pada bahan kimia yang sering digunakan dalam pembuatan kertas dan plastik. Senyawa tersebut juga sering digunakan untuk membuat makanan tertentu.

Sebuah studi di Belanda menjelaskan, ketika makanan dimasak pada suhu yang tinggi, reaksi kimia akan menghasilkan pembentukan akrilamida. Seperti diketahui, akanan bertepung seperti kentang dan roti memiliki kandungan asam amino yang disebut "Asparagine". Ketika dipanaskan melebihi batas maksimal, aparagine akan memicu pembentukan akrilamida dan selanjutnya dapat menyebabkan bahaya kesehatan.

Roti Gosong

Setelah reaksi terjadi, bahan kimia yang dikonumsi dalam bentuk makanan dapat memasuki DNA yang selanjutnya berubah menjadi sel hidup, dan dapat mengarah pada pembentuk senyawa karsiongenik. Menurut para ahli kanker, akrilamida juga bisa bertindak sebagai neurotoxin dalam tubuh. Neurotoxin adalah racun yang dapat menghancurkan jaringan saraf pada tubuh manusia.

Menanggapi isu terebut, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengklaim bahwa mereka belum dapat memastikan apakah roti panggang gosong ini dapat memicu kanker. Namun mereka menghimbau kepada seluruh masyarakat dunia untuk meminimalkan waktu memasak pada makanan tertentu, dan tidak menggunakan suhu yang terlalu tinggi.

Namun solusi terbaik yang ditawarkan oleh para ahli adalah menghindari konsumsi makanan yang dapat memicu timbulnya akrilamida seperti, roti dan kentang.Jika dirasa sulit, cobalah kurangi waktu memasak untuk mengurangi paparan akrilamida. Anda bisa memanggang roti hingga berwarna cokelat muda.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini