nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Yakin Susu Cair di Rumah Segar dan Berkualitas Baik? Coba Lakukan Tes Sederhana Ini!

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 14 Juli 2018 17:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 14 298 1922305 yakin-susu-cair-di-rumah-segar-dan-berkualitas-baik-coba-lakukan-tes-sederhana-ini-GDyU5DXNOL.jpg Ilustrasi susu murni (Foto: Ist)

SEJATINYA dalam mengonsumsi apapun, baik itu makanan ataupun minuman, baik yang sudah diolah menjadi produk siap makan atau yang masih berupa bahan mentah atau setengah jadi. Memastikan kualitas produk tersebut baik, dan masih dalam kondisi segar adalah hal yang penting untuk dilakukan.

Termasuk soal produk susu cair, yang mana sangat akrab kita gunakan dalam kehidupan kita sehari-hari. Entah itu diminum langsung sebagai segelas susu cair, campuran jus, campuran untuk sereal atau digunakan sebagai campuran olahan makanan bersama bahan-bahan makanan lain seperti untuk kue, roti, atau hidangan lauk.

Nah, apakah susu cair yang kita miliki di rumah itu ada dalam kondisi yang segar dan punya kualitas yang baik? Hal apa yang bisa dilakukan di rumah untuk bisa mengecek kesegaran dan kualitas susu? Menghimpun dari berbagai sumber, Sabtu (14/7/2018) berikut sederet langkah sederhana untuk mengetes kesegaran dan kualitas susu.

1. Aroma 

Susu segar itu tidak semestinya memiliki bau apapun yang menyengat. Susu yang segar punya aroma layaknya bau susu. Susu segar seharusnya tidak berbau sama sekali dan harus memiliki bau susu yang biasa.

2. Warna

Susu segar punya warna yang putih bersih, karena memang warna putih dan bersih adalah warna seharusnya dari susu yang segar. Jika karton wadah susu tidak transparan, coba tuangkan sebagian susu ke dalam gelas, susu yang sudah tidak segar biasanya berwarna lebih gelap seperti agak kekuningan.

3. Verifikasi tanggal konsumsi terbaik 

Seperti produk makanan dan minuman lainnya, produk susu diwajibkan oleh hukum bahwa harus memiliki label 'terbaik sebelum' (best before date) pada kemasan. Para ilmuwan merekomendasikan untuk menggunakan susu sebelum 3 hari dari tanggal 'terbaik sebelum' yang tertera.

 

4. Uji pati 

Pati, karbohidrat, umumnya ditemukan dalam kentang. Jika ditambahkan ke susu, itu mengurangi kandungan lemaknya dengan meningkatkan kandungan karbohidratnya. Cara memeriksanya, cukup tambahkan dua sendok makan garam ke sekitar 5 ml susu yang ingin diuji. Jika campuran berubah menjadi berwarna biru, maka bisa disebutkan pati telah dipakai untuk ‘pemalsuan’ susu.

5. Air

Kandungan air dalam susu memang tak merugikan secara kesehatan, tapi rugi kan jika niatnya mengonsumsi susu tapi yang didapat hanyalah air? Tes kualitas susu yang dibeli dengan cara meneteskan setetes susu ke atas kepalan tangan yang diposisikan miring, biarkan menetes meluncur turun. Coba dilihat, jika susu meninggalkan jejak di tangan, disebutkan sayangnya susu Anda bukanlah susu murni namun telah dicampur dengan air.

6. Konsistensi 

Didihkan sekitar 80 ml susu, didihkan perlahan-lahan selama lebih dari 2 hingga 3 jam, sampai susu jadi memadat dan mengeras sedikit. Perhatikan, jika residunya padat, dan kasar, itu berarti susu telah dipalsukan. Namun, jika residunya berminyak, maka Anda bisa lega karena susu punya kualitas yang baik tak perlu diragukan.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini