nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kesal Dapur Selalu Dirubungi Semut? Coba 5 Langkah Ini Deh

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 16 Juli 2018 03:34 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 15 196 1922697 kesal-dapur-selalu-dirubung-semut-coba-5-langkah-ini-deh-S39SUyrFhN.jpg Ilustrasi Dapur. (Foto: Pineland)

SELAIN kehadiran kecoak dan rayap, salah satu binatang kecil yang kehadirannya mengganggu adalah semut. Kehadiran semut-semut kecil yang berjumlah tidak sedikit di dapur, menggerogoti sisa makanan, hingga mengerubungi tempat penyimpanan gula, memang jadi salah satu masalah yang kerap dihadapi banyak orang.

Sebenarnya, kehadiran semut-semut ini bisa diberantas dengan cara sederhana yang alami, tanpa menggunakan semprotan pembasmi serangga yang mengandung bahan kimiawi yang banyak dijual di pasaran.

Ingin tahu trik sederhana usir semut-semut di dapur tanpa menggunakan bahan kimia? Yuk baca pemaparan jelasnya di bawah ini seperti diwarta Popsugar.

Baca Juga: Ketika Netizen Berfoto ala Model, Keren Enggak Ancur Iya

1. Buat garis dengan kapur

Jika tipe dapur Anda di rumah, memiliki pintu penghubung langsung dengan area luar ruangan di luar rumah, ini mungkin bisa jadi salah satu di mana semut-semut akhirnya bisa datang dan masuk ke dapur. Untuk menghentikannya, buat garis dengan menggunakan kapur tulis di lantai atau bagian sisi pintu.

Mengapa? Sebab semut benci dengan kalsium karbonat, sehingga membuat garis menggunakan kapur tulis ini bisa jadi salah satu cara efektif menghalang semut-semut masuk ke area dapur.

2. Tabur tepung atau kayu manis

Serupa dengan kapur, semut juga bisa diusir memakai tepung dan kayu manis. Cara ini mungkin bisa membuat dapur jadi sedikit agak berantakan, tapi tentu bisa jadi pilihan jika tidak mau menggunakan bahan kimia. Caranya cukup taburkan sedikit tepung atau bubuk kayu manis di lantai dan area dapur bahkan sampai kusen jendela.

Baca Juga: Intip Gaya Sporty Manajer Timnas Indonesia Yuliana Tasno saat Berolahraga, Bikin Pingin Gerah Bareng!

3. Citrus

Mengusir semut sekaligus menyegarkan aroma ruangan dapur di rumah. Yup! Cara mengusir semut lainnya ialah dengan memanfaatkan buah citrus seperti lemon.

Oleskan air perasan lemon di sekitar area jendela dan pintu, membalurkan air jus lemon di area kusen jendela dan ambang pintu dapat mencegah semut masuk ke dalam. Anda juga bisa menaruh beberapa kulit lemon di luar pintu dapur untuk mencegah semut-semut datang.

4. Semprot cuka

Ketika semut memasuki rumah, mereka meninggalkan jejak beraroma di belakang mereka untuk diikuti semut lain. Itu sebabnya kita biasanya melihat semut dalam kelompok alias bergerombol dan bukan satu atau hanya dua ekor saja.

Jika melihat seekor semut masuk ke dapur, bersihkan area tersebut dengan campuran cuka dan air (dalam ukuran rasio yang sama). Ini tidak akan membunuh semut yang sudah ada di rumah, tetapi akan menyingkirkan bau aroma jejak semut yang tertinggal, sehingga kehadiran semut-semut lainnya bisa dicegah.

5. Tutup bagian yang retak

Jika ada semut di dapur, kemungkinan besar semut-semut ini tidak hanya datang melalui pintu atau jendela yang terbuka tetapi melalui retakan dan lubang di sekitar lingkungan hidup semut-semut tersebut. Tutupi, dempul bagian area dapur yang retak dan berlubang sebisa mungkin agar semut tak bisa masuk ke area dapur dengan mudah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini