nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Tips Begadang Menonton Piala Dunia agar Tak Mudah Drop!

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Minggu 15 Juli 2018 21:19 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 15 481 1922674 6-tips-begadang-menonton-piala-dunia-agar-tak-mudah-drop-6TJKzudwB3.jpg Nobar Piala Dunia 2018 (Foto: Ist)

FINAL Piala Dunia 2018 antara Prancis dan Kroasia akan digelar malam ini pukul 22.00 WIB, Minggu (15/7/2018). Para pencinta sepak bola di seluruh dunia tentu tidak mau melewati momen paling dinanti-nantikan tersebut. Apalagi jika tim jagoannya yang berhasil melaju ke babak final.

Namun, ada beberapa hal penting yang harus diketahui, khususnya bagi Anda yang sering begadang demi menonton tim favorit bertanding. Seperti diketahui, perbedaan zona wanktu antara Indonesia dengan Rusia yang cukup jauh.

Mau tidak mau, para penggemar sepakbola di Tanah Air harus begadang selama perhelatan Piala Dunia 2018 berlangsung. Kebiasaan begadang ini harus segera diimbangi dengan pola hidup sehat.

Pasalnya, dampak kelelahan akibat menyaksikan pertandingan setiap malam dan dini hari, dapat menimbulkan berbagai macam gangguan kesehatan.

Tidak hanya kelelahan fisik, tetapi juga kelelahan psikis dapat terjadi terutama jika tim yang diunggulkan kalah. Dampak tersebut dapat diperburuk oleh kebiasaan mengonsumsi kopi, minuman berenergi, ataupun rokok.

Keluhan yang sering timbul biasanya berupa sakit kepala dan keluhan pada pencernaan, seperti menurunnya nafsu makan, mual, muntah, dan nyeri ulu hati.

Berbagai penyakit kronis akibat kelelahan dan tidak menjaga kesehatan pun dapat kambuh, seperti diabetes, hipertensi, stroke, dan penyakit jantung. Tidak jarang pula para penikmat pertandingan sepak bola terkena infeksi seperti flu akibat menurunnya daya tahan tubuh karena kelelahan tersebut. Dengan demikian, menjaga kesehatan saat menonton pertandingan bola sebaiknya tetap menjadi prioritas.

Berikut beberapa tips untuk tetap bugar dan sehat setelah menyaksikan pertandingan sepak bola piala dunia yang dikeluarkan oleh Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, Dekan FKUI.

1. Pertahankan jumlah jam tidur. Minimal 6 jam sehari. Apabila terdapat waktu luang maka dianjurkan untuk beristirahat.

2. Makanlah minimal setiap 6 jam dengan selingan makanan yang sehat seperti buah-buahan.

3. Pertahankan minum air putih minimal 2 liter per hari.

4. Kurangi minuman bersoda dan tidak berlebihan mengonsumsi kopi. Maksimal 2 gelas sehari.

5. Tidak berlebihan dalam mengonsumsi suplemen.

6. Olahraga yang teratur.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini