nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Prosesi Ki Lengser Khas Sambut Murid Baru di Tangerang dengan Kocak

Annisa Aprilia, Jurnalis · Senin 16 Juli 2018 17:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 16 196 1923022 prosesi-ki-lengser-khas-sambut-murid-baru-di-tangerang-dengan-kocak-I32LJYensn.jpg Suasana hari pertama masuk sekolah di Tangerang (Foto: tangerangtv/Instagram)

PAGI hari ini sinar mentari rasanya lebih hangat dari hari biasa. Saat jarum jam menunjukkan pukul 6, anak-anak berseragam merah-putih, putih-biru, hingga abu-abu putih telah nampak di jalanan ibu kota dan kota besar lain, sementara murid SD dan SMP yang baru saja memulai hari di sekolah baru diantar orangtua melangkah ke depan gerbang sekolah.

Ya, Senin, 16 Juli 2018 ini merupakan Hari Pertama Sekolah (HPS) alias dimulainya lagi tahun ajaran baru. Biasanya pada HPS, anak-anak mengenakan seragam yang masih kaku karena baru, tas, hingga sepatu baru pun membuat belajar lebih semangat.

Setibanya di sekolah anak-anak baru disambut oleh guru dan kakak-kakak kelas yang baik hati, siap memandu adik kelasnya mengenal lingkungan sekolah baru. Begitulah sekiranya sambutan yang biasa dilakukan oleh sebagian sekolah, namun tidak semua sekolah melakukan hal demikian, sebab di sebuah sekolah dasar di Tangerang memiliki tradisi budaya yang tidak biasa.

 (Baca Juga:Potret Momen Seru Mengantar Anak di Hari Pertama Sekolah)

(Foto: tangerangtv/Instagram)

Namanya prosesi Ki Lengser, yang kerap dilakukan saat Hari Pertama Sekolah di tahun ajaran baru di Tangerang. Kali ini, Ki Lengser hadir dalam sesosok wanita yang mengenakan kebaya dan kain, serta kain yang diletakkan di bagian kepala. Ki Lengser mengundang tawa anak-anak dan pengajar tergelak sangat ceria.

Anak-anak dan pengajar melakukan penyambutan dengan unik. Ada kakak kelas yang menggendong adik kelasnya, anak-anak baru yang berlomba-lomba adu cepat mengenakan seragam, dioleskan bedak pada wajah oleh guru, hingga guru yang melakukan penyambutan lewat teaterikal kocak. Semua kegiatan dilakukan dengan penuh keceriaan dan senang hati, sehingga adik-adik kelas satu tidak merasa takut dengan orang-orang yang baru ditemuinya dan lingkungan baru sekolah.

 (Baca Juga:Dream Come True, Jalan-Jalan di Sentosa Singapura dalam SFF 2018)

Dalam kesempatan HPS ini pun kakak-kakak kelas diberi waktu untuk memperkenalkan diri pada adik kelas. Sambutan untuk adik kelas begitu hangat dan penuh keceriaan.

Selain itu, manfaat dari prosesi Ki Lengser tersebut, seperti yang dilansir dari akun Instagram resmi Tangerang Tv, Senin (16/7/2018), bertujuan untuk membentuk kedisiplinan dan kemandirian siswa-siswi di sekolah dasar, sehingga orangtua tidak setiap hari mengantar atau menunggu anak-anak saat kegiatan belajar dimulai.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini