nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Cuma Ibu, Peran Ayah Juga Penting dalam Mengantar Anak Sekolah

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 16 Juli 2018 22:25 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 16 196 1923170 tak-cuma-ibu-peran-ayah-juga-penting-dalam-mengantar-anak-sekolah-VWAIgp7pyw.jpg Ayah dan anak (Foto: Mekulipress)

MASA libur sekolah sudah usai dan anak-anak sekolah kembali memulai tahun ajaran baru. Ada yang melanjutkan tingkatan kelas, ada pula yang berpindah tingkatan ke jenjang yang lebih tinggi. Dari yang taman kanak-kanak melanjutkan ke sekolah dasar, lalu yang di sekolah dasar melanjutkan ke jenjang sekolah menengah pertama, dan seterusnya.

Momen masuk sekolah, tidak dipungkiri memang jadi salah satu momen berarti yang ditunggu-tunggu oleh anak dan para orangtua itu sendiri. Biasanya, hanya diantar oleh pengasuh atau supir pribadi, namun sebaiknya orangtualah yang mengantar anak ke sekolah.

Tak cuma Ibu yang memang dekat dengan sang anak, Ayah juga punya peranan penting dalam mengantar anak sekolah. Seperti yang dituturkan oleh Dra. Leny Nurhayanti Rosalin, M.Sc, selaku Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Sama seperti tugas dalam mengurus anak lainnya, perkara hal sederhana mengantar anak ke sekolah ini bukanlah tugas semata-mata satu pihak orangtua saja.

BACA JUGA: 5 Kisah Cinta Teraneh di Dunia, Nomor 4 Bikin Geleng-Geleng Kepala!

 

“Parenting itu tugas berdua, ayah dan ibu. Jadi ya sebaiknya memang harus ayah dan ibunya sebagai orang tua yang mengantar anak ke sekolah. Ayah juga penting ikut mengantar anak sekolah, kalau ini jadi budaya kan nantinya dampak positifnya untuk anak juga,” ungkap Dra Leny saat ditemui Okezone, Senin (16/7/2018) di Gedung Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Jakarta Pusat.

Leny melanjutkan, dampak positif yang bisa terasa untuk anak dari kegiatan sesederhana diantar oleh kedua orangtuanya bukan hanya oleh sang ibu saja saat pergi ke sekolah, ialah soal ikatan emosi.

 BACA JUGA: Orangtua Sempatkan Antar Anak ke Sekolah, Ini Dampak Positif Buat si Kecil

“Dampak positifnya apa? Ya ikatan emosi, attachment antara orangtua dan anak. Anak kan jadi merasa senang, merasa diperhatikan. Sama deh halnya misalnya yang ambil raport itu yang datang ayah-ibu kita, saat pentas di panggung sekolah ditonton oleh kedua orangtua. Terlihat sepele, tapi bentuk peran keluarga ini penting di sepanjang masa kehidupan anak. Meningkatkan kedekatan ayah-ibu dan anak, value yang tidak bisa pernah terhitung dengan uang. Countless dan priceless,” imbuhnya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini