Tetap Dikonsumsi, Nyatanya 10 Makanan Ini Paling Beracun di Dunia!

Annisa Aprilia, Jurnalis · Senin 16 Juli 2018 10:21 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 16 298 1922813 tetap-dikonsumsi-nyatanya-10-makanan-ini-paling-beracun-di-dunia-4vV1hyHrXq.jpg Ikan buntal beracun (Foto:Shutterstock)

PANGAN jadi salah satu kebutuhan pokok manusia untuk meneruskan hidupnya. Tanpa adanya makanan dan bahan makanan, manusia tidak bisa bertahan hidup lebih lama.

Mungkin sumber daya hayati di bumi ini bisa diolah jadi makanan. Namun, tidak semua aman untuk dikonsumsi dan bisa jadi malah membahayakan bagi kesehatan manusia itu sendiri.

BACA JUGA:

Mendapat Gelar 'Man of The Match' di Final Piala Dunia 2018, Intip Kedekatan Antoine Griezmann dengan Puterinya yang Super Cute

Uniknya, ada sumber daya hayati yang berbahaya dan beracun tapi masih dimakan oleh manusia, seperti makanan berikut ini yang dilansir dari laman Wonders List, Senin (16/7/2018).

1. Ikan fugu

Ikan yang bisa mengubah bentuknya jadi seperti buntalan berduri ini dikenal sebagai makanan ekstrem di Jepang. Meskipun beracun dan mematikan, masyarakat Jepang tetap saja berani mengonsumsinya, padahal racun tetrodoxin yang ada dalam ikan lebih berbahaya dari sianida, sekira 30-50 orang meninggal tiap tahunnya.

2. Rhubarb

Jenis tanaman yang satu ini memang bisa dikonsumsi diolah jadi kue atau puding yang lezat. Namun, jika Anda salah memilih bagiannya, bisa jadi ini adalah makanan terakhirmu, sebab daun dan bayangnya mengandung zat kimia berbahaya bisa menimbulkan kejang, gagal ginjal, hingga kematian.

 

3. Kerang darah

Kerang darah memang gurih dan nikmat, namun kerang yang berwarna merah ini memiliki cukup banyak bakteri hingga mampu menyebabkan berbagai penyakit, seperti disentri, tifoid, dan hepatitis A.

4. Hakarl

Hakarl adalah hidangan yang terbuat dari daging hiu berasal dari Greendland. Mengonsumsi hakarl bisa menyebabkan Anda tertular penyakit yang diidap oleh hiu itu semasa hidupnya.

5. Sannakji

Sannakji adalah bayi gurita kegemaran masyarakat Korea. Kandungan dagingnya memang tidak beracun dan membahayakan manusia. Namun, jika tentakelnya menempel di kerongkongan Anda tentu makanan nikmat ini bisa jadi malapetaka karena mungkin menyebabkan Anda tersedak.

 

6. Ackee

Berasal dari Jamaika, buah ackee adalah salah satu buah yang paling beracun, karena mengandung zat yang bisa membuat manusia muntah-muntah parah. Jika ackee dimakan sebelum matang sempurna, Anda bisa koma hingga meninggal.

 

7. Singkong

Singkong jadi salah satu bahan pangan yang sampai saat ini masih dikonsumsi, baik secara tradisional atau modern. Namun, jika nekat mengonsumsi singkong saat masih mentah bisa jadi racun hidrogen peroksida membahayakan tubuh Anda.

8. Elderberry

Memang banyak berry yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Namun, ada beberapa jenis berry merah yang berbahaya bagi kesehatan. Bagian batang, daun, dan buah meskipun dimasak akan menyebabkan mual, muntah, dan diare.

BACA JUGA:

Rahasia Kecantikan Cleopatra, Cindy Crawford hingga Mariah Carey

 

9. Jamur liar

Salah satu jamur liar seperri death cap bisa berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi. Mual, muntah, kerusakan jantung, hati, dan ginjal jadi sederet penyakit akibat makan jamur liar.

 

10. Almond pahit

 

Ada dua jenis almon, yaitu almon manis dan pahit. Beruntung almon pahit lah yang beracun mengandung sianida. Maka, sebelum dikonsumsi almon pahit harus diproses melewati rangkaian yang cukup panjang untuk keluarkan racunnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini