nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Makanan Ini Terbuat dari Kotoran Manusia dan Hewan, Berani Coba?

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 16 Juli 2018 17:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 16 298 1923039 5-makanan-ini-terbuat-dari-kotoran-manusia-dan-hewan-berani-coba-V8GUJZ0mdF.jpg Sosis dari kotoran bayi (Foto: Timesofindia)

PERNAH mencoba sosis atau keju yang terbuat dari kotoran manusia? Membayangkannya saja sudah bisa bikin nafsu makan hilang dan mual. Tapi jangan salah, makanan tersebut justru menjadi salah satu kuliner favorit di sejumlah negara di dunia.

Daripada penasaran, berikut Okezone rangkumkan 5 makanan dan minuman yang terbuat dari kotoran manusia maupun hewan. Seperti dilansir dari Times of India, Senin (16/7/2018).

Sosis dari kotoran bayi

Pepperoni pizza merupakan salah satu varian pizza yang sangat digemari oleh banyak orang. Pizza ini biasanya disajikan dengan beberapa bahan makanan pelengkap, termasuk potongan sosis sapi. Namun tidak banyak yang mengetahui bahwa, beberapa produk sosis ternyata merupakan hasil fermentasi bakteri yang berasal dari kotoran bayi. Mengingat rasanya cenderung hambar, tidak ada cara yang jelas untuk membedakan sosis asli dengan varian produk sosis tersebut.

Sosis dari kotoran bayi

Shellac

Tahukah Anda, camilan yang selama ini Anda konsumsi sambil bersantai di teras rumah mungkin saja terbuat dari Shellac. Shellac atau lac merupakan sekresi serangga yang disebut Laccifer lacca Kerr. Serangga ini telah dimurnikan dan direndam dalam air untuk membersihkan beberapa bagian tubuhnya, lalu direndam lagi di dalam sodium carbonate untuk menghilangkan asam. Oleh karena itu, lac seringkali digunakan untuk melapisi buah-buahan segar, permen, dan cokelat. Jadi, berhati-hatilah jika membeli produk permen yang memiliki tekstur mengkilap.

Shellac

Panda Dung Green Tea

Semua orang tahu, makanan favorit panda adalah bambu. Tapi entah bagaimana, mereka hanya mampu mencerna 30% nutrisi yang terkandung didalam tumbuhan tersebut. Dampaknya, kotoran mereka secara mengejutkan kaya akan vitamin dan mineral, sehingga sering digunakan oleh masyarakat China sebagai bahan campuran teh. Khasiat teh ini digadang-gadang dapat mencegah dan menyembuhkan kanker.

Panda Dung Green Tea

Keju dari kotoran manusia

Untuk mempelajari dampak mikroba terhadap bau keju, ahli biologi Christina Agapakis bekerja dengan odor artist untuk membuat 11 olahan keju menggunakan mikroba manusia. Mikroba dikumpulan dari kotoran-kotoran yang terdapat di sela-sela jari kaki, di dalam mulut, hingga di dalam pusar. Mereka mengklaim bahwa uji coba ini dilakukan untuk membuat keju yang memiliki daya tahan lebih lama dan bebas dari kuman-kuman penyakit. Kedengarannya justru seperti sebuah antitesis dari makanan antiseptik yang selama ini selalu dipromosikan oleh orang-orang Barat.

Keju

Kopi Luwak

Jika Anda pencinta kopi, tentu sudah tidak asing lagi dengan kopi termahal di dunia ini. Seperti diketahui, kopi luwak sendiri terbuat dari biji kopi yang diambil dari sisa kotoran luwak/musang kelapa. Biji kopi kemudian dipunguti, dicuci, disangrai, ditumbuk, kemudian diseduh dengan air panas, maka terciptalah kopi luwak. Mengingat proses pembuatannya yang sangat alami dan tidak biasa, kopi luwak menjadi salah satu jenis kopi termahal sejak zaman kolonial hingga saat ini.

Kopi Luwak

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini