100 Atlet Diberi Vaksin Influenza Menuju Asian Games 2018

Annisa Aprilia, Jurnalis · Senin 16 Juli 2018 14:55 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 16 481 1922945 100-atlet-diberi-vaksin-influenza-menuju-asian-games-2018-J4rHTyjirz.jpg Atlet Asian Games (Foto: Annisa Aprilia/Okezone)

PENYAKIT influenza merupakan salah satu penyakit yang berasal dari virus, yang sebenarnya dapat dicegah. Pencegahannya bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti mengenakan masker dan vaksin.

Vaksin influenza penting dilakukan oleh atlet-atlet Indonesia yang akan berlaga di Asian Games 2018 Agustus mendatang. Meskipun penyakit influenza dianggap sepele oleh sebagian besar orang karena bisa sembuh dengan sendirinya, namun dapat mengacaukan jalannya pertandingan.

Ya, atlet-atlet akan menjadi lemas badannya, tidak dapat berlatih dengan normal, konsenstasi berkurang, menurun prestasinya, dan dapat menularkan pada atlet lain jika salah seorang dari mereka mengidap influenza. Untuk itu, pemerintah lewat Kementerian Pemuda dan Olahraga bekerjasama dengan pihak lainnya yaitu SATGAS imunisasi Dewasa, termasuk Filipina, memberikan vaksin pada 100 atlet Indonesia dari enam cabang olahraga pada Senin, 16 Juli 2018.

 BACA JUGA: Influenza Salah Satu Virus yang Harus Dicegah oleh Atlet Asian Games 2018

"Tujuannya diadakan vaksin influenza hari ini untuk memberikan kekebalan tubuh pada atlet dan pelatih. Atlet memiliki mobilitas cukup tinggi, kemana saja, dimana saja, berbaur dengan siapa saja pula, nah agar tetap bugar dan fokus serta tidak terpengaruh virus, apalagi menuju ASIAN GAMES 2018, kami harus jaga atlet agar siap bertanding, jaga ritme latihan, dan semangat agar mencetak prestasi," papar Prof. Dr. Mulyana, M.Pd, Deputi IV / Bidang Peningkatan Prestasi, Kemenpora RI, mewakili menteri, pada acara Vaksinasi Influenza Bagi Atlet Menuju Prestasi Puncak ASIAN GAMES dan PARAGAMES 2018 di Aula Wisma Kementerian Olahraga Jakarta, Senin (16/7/2018).

 

Mulyana pun menjelaskan untuk melakukan vaksinasi influenza pada atlet-atlet Indonesia mendapat bantuan dari Filipina. Dia pun mewakili menteri berterima kasih pada Joselito STA. ANA, MD, MPH, General Manager Sanofi Pasteur Indonesia yang turut hadir.

(Foto: Vaksin Atlet / Annisa Aprilia_Okezone)

Dalam ASIAN GAMES 2018, Indonesia menyiapkan 990 atlet total 1.303 kontingen yang merupaka terbesar sepanjang sejarah. Menurut Mulyana, menjadi tuan rumah harus memanfaatkan momentum untuk mengukir prestasi sebaik mungkin.

"Presiden berkata Merah Putih adalah harga diri bangsa ini adalah sejarah bagi para atlet. Peluang kesempatan bagi seluruh atlet membuktikan atlet Indonesia adalah yang terbaik," imbuhnya.

 

Mewakili Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi yang berhalangan hadir pagi tadi, Mulyana berpesan pada atlet-atlet yang turut hadir agar menjaga kesehatan sebaik-baiknya dan bisa menginspirasi. Selain melakukan vaksin influenza untuk mencegah penyakit tersebut, atlet pun perlu menghindari konsumsi makanan yang mengandung dopping, karena laga ASIAN GAMES 2018 segera dimulai sekira satu bulan lagi.

"Yang harus dihindari adalah janga sampai atlet mengonsumsi makanan mengandung dopping, satu bulan lagi waktunya, agar latihan yang dilakukan tanpa lelah bisa menghasilkan prestasi, tapi karena kesalahan makanan yang mendung dopping bisa berakibat fatal dan menimbulkan kekecewaan. Satu bulan ini harus betul dijaga dan fokus pada pertandingan," ujarnya.

 BACA JUGA: Nonton Turnamen Wimbledon, Meghan Markle Menangis?

Kembali ke vaksin influenza yang kali pertama ink baru difasilitasi untuk para atlet, memiliki durasi vaksinasi setahun, jadi selama itu para atlet tidak akan terkena virus dan flu. Tapi, sayangnya tidak seluruh atlet bisa hadir hari ini, hanya perwakilan saja, meskipun demikian vaksinasi akam tetap berjalan bertahap sehingga semua atlet bisa divaksin.

"Setelah ASIAN GAMES 2018 selesai langsung ada pelatnas, tidak ada pulang tali tetap di Jakarta dan langsung persiapan untuk SEA GAMES 2019, tiada hentinya, dan vaksin bisa berikan manfaat dan dampak prestasi bagi atlet," tutupnya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini