nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rajin Makan Terong Cegah Penyebaran Sel Kanker dan Tumor

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 16 Juli 2018 18:07 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 16 481 1923067 rajin-makan-terong-cegah-penyebaran-sel-kanker-dan-tumor-5roWKNPiRP.jpg Terong banyak manfaatnya (Foto: Medicalnewstoday)

SEMUA jenis sayuran memang cocok untuk menurunkan berat badan. Tak terkecuali makan terong ungu yang punya banyak manfaat.

Tapi sayang, banyak orang tidak suka terong karena saat dimasak jadi lembek. Padahal Anda bisa mengolah terong jadi makanan apapun yang lezat dan bikin ketagihan.

Terlepas dari itu, Anda harus tahu manfaat makan terong yang menguntungkan. Simak ulasannya berikut ini, dilansir Thehealthsite, Senin (16/7/2018).

1. Menurunkan berat badan

Terong mengandung air yang tinggi dan juga kaya serat. Kalau makan terong rasanya bikin perut kenyang tahan lama. Nah, segenggam terong juga mengandung rendah kalori sekira 100 gram. Ini bisa sangat memenuhi kebutuhan nutrisi Anda yang lengkap.

2. Menjaga kesehatan jantung

Sebuah penelitian menunjukkan, sifat kardioprotektif dari terong mentah atau matang sangat juga. Di samping itu, terong merupakan sumber kaya serat, kalium, Vitamin B-6 dan phytonurients. Seperti flavonoidnya juga menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu, keberadaan antioksidan di dalamnya membuat arteri jantung Anda sehat.

Terong

3. Mencegah kanker

Terong mengandung asam anthocynains yang bekerja sebagai antioksidan untuk melawan kanker. Selain itu, asam ini membantu melawan peradangan dan kerusakan terkait stres oksidatif di dalam tubuh. Mengingat sifat-sifat ini baik, manfaatnya dapat mencegah penyebaran sel kanker dan tumor.

4. Melawan anemia

Anemia adalah penyakit yang mengganggu, kemudian disebabkan karena kurangnya zat besi dalam tubuh. Ini menyebabkan sakit kepala, pusing, migrain, kelelahan, depresi dan dapat mengganggu fungsi kognitif. Oleh karena itu, mengonsumsi zat besi setiap hari dapat mencegah penyakit tersebut.

5. Meningkatkan kesehatan tulang

Setiap orang harus menjaga osteoporosis. Konsumsilah makanan yang mengandung vitamin K seperti yang ada di dalam terong. Khusus untuk wanita dalam tahap pascamenopause, yang berisiko lebih tinggi terkena osteoporosis juga harus makan terong. Di samping itu, banyak vitamin K dapat membantu mencegah keseleo pada pergelangan kaki dan menyembuhkan tulang yang patah.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini