nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Cuma Makanan, 7 Benda Rumahan Ini Punya Masa Kedaluwarsa

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 18 Juli 2018 18:42 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 17 196 1923667 tak-cuma-makanan-7-benda-rumahan-ini-punya-masa-kedaluwarsa-jdfMsTtmsq.jpg Perabot rumah tangga (Foto: Eraorganics)

MAKANAN bukan satu-satunya benda di rumah Anda yang punya masa kadaluwarsa. Sejumlah benda juga punya waktu pakai terbaik alias terbatas masa penggunaannya. Apabila makanan akan rusak atau tidak lagi enak dimakan, maka benda-benda ini sebagian besar menjadi tidak higienis lagi.

Berikut deretan benda-benda di rumah yang mungkin Anda tidak tahu punya masa kadaluwarsa, dilansir dari Channel News Asia, Rabu (18/7/2018). Jangan lupa diperhatikan dan diganti ya.

Handuk

Meski handuk bisa dicuci berulang kali dan rutin, Anda tetap harus menggantinya dengan yang baru setidaknya setiap tiga tahun sekali. Sebab, handuk sangat rentan lembap sehingga menjadi tempat tumbuh suburnya bakteri.

 (Baca Juga:Bahaya Mengintai saat Minum Obat dengan Jus Buah, Waspadalah!)

Sikat Gigi

 

Benda yang satu ini pasti akan rutin diganti. Selain bulu pada sikat gigi pasti rusak, Anda juga harus menggantinya setiap tiga bulan sekali agar gusi tetap sehat. Sebab, bulu sikat yang kasar justru akan membuat Anda menderita gusi berdarah.

Sponge

Benda untuk mencuci perabotan atau alat makan ini harus diganti setiap dua minggu sekali. Karena sponge kerap basah dan mudah menyerap air, benda tersebut sangat cocok sebagai tempat tumbuh kembang jamur.

Sikat rambut

Sikat rambut Anda mungkin saja penuh dengan kuman sehingga disarankan untuk diganti setiap tahun. Anda juga harus memastikan agar sikat rambut dibersihkan setiap minggu dengan baik.

Bra

Bentuk bra hampir pasti akan berubah seiring dengan waktu. Anda, para wanita, disarankan menggantinya setiap dua tahun sekali ketika sudah terlihat perubahan bentuk pada bra agar tetap nyaman dikenakan serta membentuk payudara terlihat indah.

Sandal

 

Sebagian besari dari kita menggunakan sandal selama bertahun-tahun. Tapi, tahukah Anda kalau sandal kesayangan itu bisa menjadi tempat penyebaran kuman serta rawan infeksi jamur? Selain dicuci secara rutin, pastikan Anda mengganti sandal setiap enam bulan sekali.

 (Baca Juga:Kafe di Turki Biarkan Singa Muda Berkeliaran Temani Pengunjung, Berani Datang?)

Bantal

Selain bentuknya yang bisa berubah hingga menyebabkan sakit leher, bantal juga bisa menjadi tempat bersarangnya debu. Anda disarankan mengganti bantal-bantal di rumah setiap 2-3 tahun sekali agar tetap nyaman.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini