nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kenali Penyebab & Cara Perawatan Mata Kering, Mudah Dilakukan di Rumah!

Annisa Aprilia, Jurnalis · Selasa 17 Juli 2018 09:29 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 17 481 1923313 kenali-penyebab-cara-perawatan-mata-kering-mudah-dilakukan-di-rumah-aGMn0NjEhM.jpg Perawatan mata kering (Foto:Webmd)

SAAT mata terasa seperti berpasir, panas seakan terbakar, dan nampak merah mungkin Anda sedang mengalami gejala mata kering. Kondisi seperti ini bisa saja terjadi saat kelenjar yang ada di kelopak mata tidak mampu memproduksi air mata yang cukup untuk menjaga mata tetap sehat dan pengelihatan jelas.

Melansir dari laman Web MD, Selasa (17/7/2018), saat air mata terproduksi dengan baik, mata akan terasa nyaman dan terhidrasi. Kotoran seperti debu pun mudah dibersihkan dengan air mata dan infeksi dapat dicegah.

Namun, pada gejala mata kering, produksi air mata menurun disebabkan oleh faktor obat-obatan dan usia yang semakin bertambah. Sehingga mata terasa kering, karena mata tidak dilumasi dengan baik.

Jika sudah terasa kering dan tidak nyaman, sebaiknya mungkin segera dikonsultasikan dengan dokter mata, biasanya dokter akan memberi resep. Namun, Anda pun bisa merawat mata kering di rumah untuk membantu meringankan gejalanya.

 BACA JUGA:

Kemeja Tembus Pandang yang Dibanderol Rp15 Juta Jadi Viral, Netizen: Pent*l pun Gak Ketutup!

Pertama, Anda bisa mengompres mata dengan air hangat. Air mata terbuat dari minyak, air, dan lendir. Matamu membutuhkan ketiga bagian ini agar tetap lembap dan sehat. Kelopak mata yang meradang dan bersisik dapat menyumbat kelenjar penghasil minyak di sepanjang tepi penutup dan menyebabkan mata menjadi kering.

Untuk membantu meringankan iritasi dan mengendurkannya, basahi lap bersih dengan air hangat , peras, dan letakkan di atas mata tertutup Anda selama setidaknya satu menit. Tekan lembut tepi kelopak mata Anda dengan jari Anda untuk membantu mengeluarkan minyak yang tersumbat.

Panas lembap membantu melonggarkan minyak yang tersumbat di kelenjar. Ulangi basahi kain, agar tetap hangat. Anda mungkin perlu kompres hangat setiap hari untuk membantu meredakanperadangan , bahkan setelah mata Anda terasa lebih baik.

Kedua, Anda bisa membersihkan kelopak mata dan bulu mata. Membersihkan kelopak mata Anda, beserta kulit dan rambut di sekitarnya, dapat membantu meredakan peradangan. Pakai sedikit sampo bayi atau sabun ringan di ujung jari Anda dan pijat lembut mata sambil tertutup, pijit dekat pangkal bulu mata Anda .

Ketiga, makanlah makanan olahan ikan. Salmon dan tuna, misalnya, atau sarden, trout, dan mackerel semuanya mengandung asam lemak omega-3. Penelitian menunjukkan bahwa lemak sehat ini membantu kelenjar-kelenjar pembuat minyak di mata Anda bekerja lebih baik, dapat meredakan iritasi.

BACA JUGA:

Ini Alasan Nama Pesepakbola Negara Kroasia Berakhiran 'ic'

Keempat, jaga agar selalu terhidrasi. Setiap bagian dari tubuh Anda membutuhkan air untuk tetap sehat, termasuk mata Anda. Air minum membantu membuatnya tetap lembab. Tetapi jangan menunggu sampai Anda haus untuk minum air. Saat itu, Anda mungkin sudah sedikit dehidrasi.

 

Sebaliknya, targetkan delapan hingga 10 gelas sepanjang hari. Jika Anda tidak menyukai air biasa, cairan lain apa pun yang tidak mengandung alkohol atau kafein akan memberikan manfaat yang sama. Makanan yang kaya air, seperti mentimun dan semangka punya manfaat sama.

Salah satu cara untuk mengetahui apakah Anda terhidrasi dengan baik, yaitu periksa urin Anda. Jika tidak berwarna atau kuning muda, Anda mungkin telah mendapatkan cukup cairan.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini