nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bahaya Mengintai saat Minum Obat dengan Jus Buah, Waspadalah!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 17 Juli 2018 10:32 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 17 481 1923335 bahaya-mengintai-saat-minum-obat-dengan-jus-buah-waspadalah-qIkyCoCFja.jpg Minum obat dengan jus buah (Foto:Valeyliving)

 

JIKA Anda termasuk orang yang sulit minum obat, salah satu cara yang mungkin pernah direkomendasikan adalah minum obat berbarengan dengan makan buah atau minum jus buah.

Hal ini mungkin dimaksudkan agar rasa pahit atau sulitnya menelan pil obat bisa diatasi. Apalagi jika jus yang Anda konsumsi merupakan buah favorit Anda.

Tapi, siapa sangka jika minum obat berbarengan dengan mengonsumsi jus buah malah akan membawa dampak buruk berkelanjutan bagi tubuh Anda. Seperti dijelaskan di Consumer Reports, minum jus anggur bersamaan dengan mengonsumsi obat akan memengaruhi cara kerja obat, khususnya obat darah tinggi.

BACA JUGA:

Ketika Netizen Berfoto ala Model, Keren Enggak Ancur Iya

Menurut penelitian, lebih dari 40 obat yang berbeda dapat memiliki efek buruk jika dikonsumsi bersamaan dengan jus anggur. Menyeramkan bukan?

Sekarang, ternyata tidak hanya jus anggur yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan obat. Jus apel dan jus jeruk pun disarankan untuk dikonsumsi bareng obat!

Kedua jus ini tidak disarankan karena memberi efek pemblokiran tubuh akan kinerja obat atau malah meninggikan dosis obat tersebut di tubuh yang malah bisa membuat over-dosis dan ini berbahaya untuk kesehatan.

 

Dalam sebuah penelitian terbaru, peneliti mengamati peserta sehat yang mengonsumsi obat yang disebut fexofenadine. Obat ini adalah antihistamin yang digunakan untuk menghilangkan alergi.

BACA JUGA:

Ini Alasan Nama Pesepakbola Negara Kroasia Berakhiran 'ic'

Di penelitian ini para peserta diminta untuk mengonsumsi obat  dengan air putih, jus anggur, jus aple, dan jus jeruk. Hasilnya memperlihatkan bahwa obat yang dikonsumsi pasien tidak bekerja sepenuhnya, bahkan jus anggur tidak memberikan efek apa-apa pada tubuh peserta.

Selain obat alergi, Anda juga dilarang mengonsumsi obat menoterapi, antibiotik, atau beta-blocker bersamaan dengan jus apel, jus jeruk, dan jus anggur.

Sementara itu, jika Anda ingin meminum obat bersamaan dengan jus cranberry, efek yang akan ditimbulkan adalah peningkatan efek pengenceran darah yang disebut warfarin. Kondisi ini berbahaya karena akan menimbulkan pendarahan berbahaya.

(ndr)

Berita Terkait

Jus Buah

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini