Share

Manfaat Nyata Jika Kamu Suka Makan 1 Buah Jeruk Setiap Hari

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 17 Juli 2018 13:42 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 17 481 1923427 manfaat-nyata-jika-kamu-suka-makan-1-buah-jeruk-setiap-hari-CDoWewLcMM.jpg Minum jeruk (Foto: Pinterest)

SIAPA sih yang tidak suka makan jeruk? Jika selama ini dikenal baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, makan jeruk juga dapat mencegah risiko kebutaan.

Dilansir Thehealthsite, Selasa (17/7/2018), sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang peneliti asal India menyebutkan, usia berapapun saat ini rentan mengalami risiko kebutaan. Salah satunya yang tersering ialah degenerasi makula.

Ini terkait dengan kondisi penuaan di usia tua yang membuat orang jadi buta. Tapi peneliti menyebutkan bahwa risiko tersebut dapat dicegah. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi jeruk. Setidaknya jika Anda makan satu porsi jeruk setiap hari, menurunkan risiko kebutaan hingga 60%. Penurunan ini terjadi sekira 15 tahun kemudian.

  (Baca Juga:Video Bocah Joget Ini Bikin Netizen Bingung, Antara Nangis atau Seneng Sih?)

Efeknya mungkin karena flavonoid hadir dalam jeruk yang membantu mencegah kebutaan tersebut. Flavonoid adalah antioksidan kuat yang ditemukan di hampir semua buah dan sayuran. Ada efek anti-inflamasi yang penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

 

"Pada dasarnya kami menemukan bahwa orang yang makan setidaknya satu porsi jeruk setiap hari, menurunkan risiko degenerasi makula, dibandingkan dengan orang yang tidak pernah makan jeruk," kata Kepalan Peneliti Bamini Gopinath dari Universitas Sydney.

Paling tidak seseorang makan jeruk setiap seminggu sekali dengan porsi besar. Manfaatnya juga signifikan dan menguntungkan. Untuk penelitian yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition, tim mewawancarai lebih dari 2.000 orang berusia di atas 50 tahun. Studi dilakukan selama 15 tahun. Ada metode tes mata yang dilakukan dalam penelitian ini.

Gopinath menjelaskan, sebelumnya sebagian besar penelitian telah berfokus pada efek nutrisi umum seperti bitamin C, E, dan A pada mata. Tim juga melihat makanan lain yang mengandung flavonoid seperti teh, apel, anggur merah. Namun mereka tidak menemukan hubungan antara sumber lain dan perlindungan mata terhadap penyakit.

 (Baca Juga:Ini Alasan Nama Pesepakbola Negara Kroasia Berakhiran 'ic')

Sementara itu, usia adalah faktor risiko yang paling dikenal memicu beragam penyakit. Saat bertambah tua, banyak risiko penyakit yang bisa merugikan dirinya. Nah, sebaiknya sejak muda Anda mencegahnya dengan aktif melakukan gaya hidup sehat.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini