nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Biasakan Hidup Sehat Sejak Dini, Pelajar SD Gorontalo Terapkan Hal Ini

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 17 Juli 2018 21:23 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 17 481 1923723 biasakan-hidup-sehat-sejak-dini-pelajar-sd-gorontalo-terapkan-hal-ini-XQcGJ6Atol.JPG Pola hidup sehat (Foto: Leonardus/Okezone)

KESEHATAN adalah sebuah anugerah yang diberikan tuhan kepada semua makhluk hidup. Dengan tubuh dan jiwa yang sehat, manusia dapat melakukan berbagai hal yang disukainya. Oleh sebab itu berbagai upaya wajib Anda lakukan supaya dapat hidup sehat.

Berbicara menyoal kesehatan, salah satu hal sederhana yang bisa dilakukan adalah mengatur pola makan. Dengan pola makan yang baik, maka sistem metabolisme juga dapat berjalan dengan baik. Hal positif inilah yang perlu dikembangkan agar menghasilkan sumber daya yang sehat di tanah air.

Salah satu cara untuk mengedukasi anak mengenai pentingnya kesehatan adalah mengenalkannya terhadap beberapa jenis makanan sehat. Cobtohnya, SDN 1 Limboto, Gorontalo, mewajibkan para muridnya untuk membawa bekal makanan sehat yang terdiri dari nasi, lauk pauk, sayur dan buah.

 (Baca Juga:Kafe di Turki Biarkan Singa Muda Berkeliaran Temani Pengunjung, Berani Datang?)

Mereka bahkan harus absen sambil menunjukkan bekal makanan sehat yang telah disiapkan dari rumah. Cara ini dinilai sangat efektif bagi anak akan pentingnya asupan nutrisi yang tepat dalam tubuh mereka

 

Melihat hal tersebut, Menteri Kesehatan, Prof. Dr. dr. Nila Farid Moeloek Sp.M (K). Mengaku senang dengan program yang dijalankan seluruh staf pengajar di SDN 1 Limboto. Ia berharap semoga kegiatan ini dapat terus berjalan supaya makin banyak generasi muda yang semakin sadar akan pentingnya kesehatan.

Sebagaimana diketahui Gorontalo merupakan salah satu daerah penghasil ikan. Nila pun mengajari para siswa dan siswi SDN 1 Limboto untuk memasukan ikan ke dalam daftar bekal mereka sehari hari. Hal ini karena kadar protein yang terkandung dalam seekor ikan sangatlah besar. Hal inilah yang akan membantu ke para siswa untuk meningkatkan kecerdasan mereka.

“Ada yang suka makan ikan? Saya harap anak-anak di Gorontalo suka makan ikan, dan memasukannya ke dalam bekal mereka. Pasalnya, makanan tersebut kaya akan protein,” tegas Nila, sebagaimana dihimpun Okezone, Selasa (17/7/2018).

 (Baca Juga: 5 Tanda Harus Segera Periksa Tulang Belakang)

Untuk memberikan dorongan semangat bagi para siswa dan siswi SDN 1, Limboto, Gorontalo, Menteri Nila juga memberikan beberapa games yang diikuti oleh seluruh pelajar di sekolah itu. Tak lupa hadiah berupa tiga buah sepeda pun diberikan sebagai pelecut bagi para pelajar agar mau belajar lebih giat.

Terdapat tiga orang pelajar yang beruntung dan berhak membawa hadiah sepeda ke rumahnya. Meski beberapa siswa sempat terbata-bata saat menjawab, namun mereka berhasil membuktikan diri dan menjawab pertanyaan dengan benar.

Tak hanya peduli akan kesehatan tubuh, murid beserta para staf SDN 1 Limboto, Gorontalo juga menanamkan cinta lingkungan hijau pada generasi muda mereka. Terbukti beberapa barang bekas tidak terpakai berhasil disulap menjadi wadah maupun hiasan-hiasan tanaman di sekolah.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini