nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Batik Indonesia Melenggang Lagi di Paris Fashion Week 2018

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 18 Juli 2018 13:48 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 18 194 1923987 batik-indonesia-melenggang-lagi-di-paris-fashion-week-2018-OWshTf1IGt.jpeg Ilustrasi batik (Foto: Batik Alleira)

SUDAH jadi rahasia umum bahwa hasil kebudayaan asli Indonesia begitu banyak ragamnya. Salah satunya dari segi fesyen, ada berbagai kain wastra khas Indonesia mulai dari batik, tenun, songket yang masing-masing bahkan bisa berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan memiliki karateristik masing-masing.

Akan tetapi tak bisa disangkal, dari begitu banyak kekayaan wastra Nusantara, batik memang masih jadi salah satu yang paling populer. Tidak hanya eksis di dalam negeri alias dalam lingkup domestik, namun juga kancah internasional. 

Tidak lagi asing bukan mendengar atau melihat, bagaimana batik dikenakan oleh sosok selebriti dunia atau dipamerkan di dalam gelaran-gelaran acara internasional oleh para desainer mode.

 (Baca Juga:6 Gangguan Kesehatan yang Berpotensi Muncul karena Perceraian)


Nah, rasanya tak berlebihan jika kita sebagai masyarakat Indonesia kembali merasa bangga. Pasalnya, belum lama ini batik kembali eksis di panggung kancah internasional. Tidak tanggung-tanggung, kali ini pesona keindahan dan kecantikan batik sebagai salah satu wastra Nusantara hadir melenggang di panggung runway salah satu pagelaran busana bergengsi di dunia, Paris Fashion Week 2018.

Yup! Anda tak salah membaca kok! Sebagaimana keterangan siaran media yang diterima Redaksi Okezone, Rabu (18/7/2018) sederet koleksi busana wanita ready to wear dari batik ini memang hadir di Paris Fashion Week 2018 pada 3 Maret 2018 lalu di Showroom 23 rue Penthievre, 75008, Paris yang dibawakan oleh lini busana khusus batik ternama Tanah Air, Alleira Batik.

 

Lewat outfit-outfit yang ditampilkan di panggung runway Paris Fashion Week 2018 tersebut, eksistensi batik semakin berkembang luas karena tak melulu harus divisualisasikan sebagai busana wajib bernuansa formal yang hanya bisa dikenakan di acara tertentu saja, namun bisa juga dibuat modis sebagai busana untuk beraktivitas sehari-hari.

Untuk koleksi Fall/Winter 2018 ini, diketahui motif yang digunakan ialah perpaduan antara motif klasik dengan motif modern bergaya urban, motif tradisional Indonesia dengan garis geometris dikombinasikan dengan bunga serta motif modern, dengan tetap menampilkan identitas gradasi batik, yang permainan warnanya menggunakan banyak warna seperti pelangi dan juga dikombinasikan kesan elegan dengan sentuhan warna gelap di setiap siluetnya, seperti putih, beige cokelat, navy, hitam dan sedikit sentuhan warna terakota.

 

Sedangkan untuk siluet, koleksi busana batik yang semuanya digambar pada material bahan ATBM, organza dan katun jacquard ini diketahui lebih lanjut menampilkan perpaduan tema simpel dan feminine yang coba diwujudkan dalam bentuk outfit berpotongan mulai dari long coat, jacket with cocoon sleeves, dress, blus atasan model boat nect, hingga flare and straight pants.

 (Baca Juga: Ini Lho 7 Masalah Mental yang Rentang Menyerang Anak Kuliah)

Menariknya, koleksi busana ready to wear batik Indonesia ini juga tak ketinggalan dikenakan oleh salah seorang model spesial yang sedang melejit namanya di ranah industry fesyen dunia, Madeline Stuart, merupakan model down syndrome yang sangat menginspirasi dari Australia.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini