nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Potret Nelson Mandela Ekspresikan Cintanya pada Batik Indonesia

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 18 Juli 2018 16:36 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 18 194 1924079 6-potret-nelson-mandela-ekspresikan-cintanya-pada-batik-indonesia-dRGSH8kAmE.jpg Nelson Mandela (Foto: IB Times)

SIAPA tak mengenal sosok Nelson Mandela? Mantan Presiden Afrika Selatan ini memang merupakan sosok politikus paling terkenal di dunia, ia juga pernah menjabat sebagai sekretaris jenderal gerakan non-blok (GNB).

“Bapak Bangsa” satu ini, selain dikenal karena sepak terjangnya di bidang politik dan kemanusiaan, dan menunjukkan pada dunia kekuatan dan nilai dari pengampunan. Gaya busana yang khas juga tak bisa dilepaskan dari sosok seorang Nelson Mandela.

Sosok Nelson yang punya pengaruh besar di panggung dunia ini, juga merupakan sosok yang selera berbusananya patut diacungi jempol. Ia adalah salah satu sosok yang kita, sebagai bangsa Indonesia patut mengucapkan terimakasih. Sebab, ia adalah salah satu orang yang membuat batik khas Indonesia terkenal di kancah dunia karena sering sekali terlihat di publik dalam balutan kemeja batik bergaya formal model lengan panjang.

Nelson dikatakan mulai jatuh cinta pada kemeja batik Indonesia sejak 1990 silam, di mana kala itu ia mengunjungi Indonesia setelah menjadi presiden Afrika Selatan berkulit hitam pertama. Dikatakan, saking cintanya pada batik, bahkan hingga ada dua desainer busana batik yang khusus merancang kemeja batik untuk Nelson yakni desainer Desre Buirski dari Afrika Selatan dan desainer Iwan Tirta dari Indonesia. Di Afrika Selatan sendiri, kemeja batik gaya khas Nelson dikenal dengan sebutan nama kemeja Madiba (panggilan akrab Nelson).

 BACA JUGA:

Agnez Mo Ubah Gaya Rambut Lagi, Kali Ini Jadi Pixy Curly

Nah, jadi penasaran seperti apa potret mendiang Nelson dalam mengenakan berbagai kemeja batik dalam aktivitasnya kala itu? Sebagaimana diwarta Ibtimes, Rabu (18/7/2018), berikut ulasan enam potret Nelson dengan kemeja batik favoritnya di berbagai kesempatan.

Kemeja batik biru

Kala menjadi salah satu pembicara, Nelson terlihat memakai kemeja batik lengan panjang warna biru yang mana motif batiknya disebutkan terinspirasi dari desain khas bergaya oriental.

Kemeja batik merah dan coklat 

Kali ini pilihan kemeja batik Nelson jatuh pada kemeja yang lebih bernuansa gelap, yakni kemeja batik kombinasi warna merah bata dan coklat di bagian kerah, ujung lengan, dan dada. Untuk model, tentunya Nelson masih setia dengan kemeja batik model lengan panjang yang bergaya formal.

Kemeja batik technicolor 

Bertemu dengan Bill Gates kala itu, Nelson tampil cerah ceria sangat kontras dengan setelan busana bergaya formal dari Bill Gates yang terlihat mengenakan setelan suit warna abu-abu gelap dan kemeja putih serta dasi panjang warna merah. Nelson berdiri di sebelah Bill dengan mengenakan kemeja batik technicolor warna hijau neon dengan semburat kuning.

Kemeja batik biru oriental

 

Tampil lebih bersahaja dalam balutan kemeja batik motif dedaunan berwarna biru oriental yang cantik dan sejuk dipandang mata.

Kemeja batik kuning emas

 

Bertemu presiden FIFA kala itu, Sepp Blatter. Nelson tampak ‘berkilauan’ dalam balutan kemeja batik model lengan panjang motif prada berwarna kuning keemasan berkilauan.

Kemeja batik silver 

 

Bertemu dengan mantan Presiden Zambia, Kenneth Kaunda. Nelson memilih memakai kemeja batik lengan panjang berwarna perak dengan motif Chinese birds sebagai pilihan outfitnya saat itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini