nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Miss Indonesia 2018: Penguatan Karakter Anak Bisa Diajarkan Melalui media online

Wahyu Muntinanto, Jurnalis · Rabu 18 Juli 2018 22:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 18 194 1924207 miss-indonesia-2018-penguatan-karakter-anak-bisa-diajarkan-melalui-media-online-bPryISoHSK.jpeg Alya Nurshabrina di seminar nasional di Depok (Foto: MNC Media)

MISS Indonesia 2018 Alya Nurshabrina mengatakan dalam membangun karakter anak di era milenial seperti sekarang ini dapat dilakukan melalui media online. Tentunya para orangtua, dalam hal ini hsrus mendampingi anak saat menggunakan jejaring sosial dan internet secara positif.

"Karena di era digital ini generasi sekarang, adik-adik saya ini itu adalah generasi yang sebetulnya paling berpendidikan di zaman sekarang ini," ucap Alya saat mengunjungi sekolah TK, SD Karakter Genius Islamic School, Depok, Jawa Barat, Rabu (18/7/2018).

Pemilik mahkota Miss Indonesia asal Jawa Barat ini mengaku, dirinya tumbuh kembang di zaman era digital yang semuanya serba mudah. Hal itu berbeda dengan zaman orangtua di masa lalu yang sulit dalam mengkases informasi.

 (Baca Juga:Nikmati Keindahan Sunset di Benteng Bersejarah Otanaha Gorontalo)

"Saya tumbuh mengenal internet, hal-hal digital ketika saya SD atau SMP. Sudah agak lebih besar. Tapi beda lagi dengan generasi zaman sekarang. Generation Z kalau enggak salah namanya. Mereka sudah terekspos dengan internet dan juga koneksivitas dari sejak bayi, sejak lahir. Bahkan ada ibu-ibu zaman sekarang yang suka gendong bayinya sambil mainan I-Pad. Pasang lagu buat nina bobok anaknya dari gadget," jelasnya.

 

Ia menambahkan, anak-anak zaman sekarang sudah sangat terkekspos dengan gadget, media sosial, dan semua unsur yang berbau internet. Ini merupakan kesempatan yang berbuah positif dan juga negatif di saat yang sama. Negatifnya mungkin akan lebih cepat dan mudah mengekspos hal-hal di internet yang tidak berbatas seperti pornografi dan kekerasan.

 (Baca Juga:Hitam-Putih Konsep Foto Prewedding Baim Wong-Paula Verhoeven)


Ia menuturkan, saat ini bangga hidup di zaman serba cepat dan ekonomis karena majunya sebuah teknologi. Karena adanya internet banyak hal positif yang bisa dilakukan. Seperti mendengarkan musik dan mempelajari bahasa asing.

"Hal-hal positif itu banyak kesempatan bagi kita untuk belajar. Banyak sekali situs-situs yang edukatif, game yang edukatif. Yang saya senang secara pribadi sebagai anak muda yang sering menggunakan internet," pungkasnya.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini