Tips Percantik Ruangan dengan Taman Dekoratif

Agregasi Koran Sindo, Jurnalis · Rabu 18 Juli 2018 18:15 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 18 196 1924070 tips-percantik-ruangan-dengan-taman-dekoratif-XuXZwrAeAF.jpg Dekorasi taman dalam rumah (Foto:Designlike)

ELEMEN yang bisa membuat penampilan ruangan menjadi lebih menarik, salah satunya adalah tanaman. Tanaman bisa menambah asri ruangan. Namun, jangan asal taruh bila ingin tanaman ini tumbuh subur di ruangan.

Beberapa konsep dekorasi kerap diaplikasikan guna mendapatkan suasana rumah yang segar. Konsep rumah yang asri, misalnya, bisa didapatkan dengan menggunakan tanaman sebagai elemen dekorasi.

Menempatkan tanaman di beberapa titik dalam ruangan mampu menghadirkan suasana yang lebih sejuk. Selain itu, tanaman dapat menunjang konsep yang ingin ditonjolkan. Namun, kondisi luar dan dalam ruang tentu sangat berbeda bagi tumbuh kembang tanaman.

BACA JUGA:

Peneliti Ungkap Tempat Duduk Paling Aman di Pesawat, Kira-Kira di Mana Ya?

Maka itu, tidak sekadar menanam, tanaman yang digunakan pun harus jenis yang tepat dan punya karakter yang sesuai dengan kondisi ruangan. Peletakan dan penataan juga harus diperhatikan. “Pilih tanaman yang tidak berpotensi meracuni.

Hindari menempatkan tanaman berduri atau tanaman yang mengeluarkan bau atau getah di ruangan,” ungkap arsitek lanskap Herlin Wibowo. Kebutuhan akan sinar matahari juga perlu diperhatikan. Pilih tanaman yang dapat hidup lama tanpa terkena sinar matahari sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan tanaman setiap hari untuk memperoleh sinar matahari.

 

Jika mungkin, tempatkan tanaman pada sudut ruang dekat jendela. Dengan begitu, tanaman dapat memperoleh sinar matahari tidak langsung sehingga proses fotosintetis tetap dapat berlangsung. Langkah ini juga dapat memperpanjang usia tanaman itu.

“Penempatan tanaman di ruang dapat berfungsi menambah jumlah oksigen dan menekan jumlah polutan pada udara,” kata desain interior Rina Renvil. Rina menambahkan, pilih tanaman yang tingginya kurang dari 20 cm. Dengan ukuran tersebut, Anda bisa menempatkan tanaman di meja atau di pot keramik.

BACA JUGA:

Makanan dan Minuman ini Jadi Rahasia Kecerdasan BJ Habibie, Apa Saja?

Selain tinggi tanaman, sifat tumbuh tajuk tanaman juga perlu diperhatikan. Mengingat tanaman harus berbagi tempat dengan elemen interior lainnya, maka tajuk tanaman yang tidak terlalu melebar menjadi pilihan tepat. “Gunakan pot yang berukuran proporsional dengan ukuran tanaman.

Selain itu, gunakan sesuai desain dan warna pot dengan jenis tanaman. Bila tanaman memiliki daun unik, kita bisa menggunakan pot yang simpel,” tutur Rina. Selain pilihan bentuk dan ukuran, pertimbangkan juga tempat pembuangan air dari pot akibat penyiraman. Desain pot yang tidak mengakomodasi aliran air ini dapat menyebabkan ruang kotor oleh air.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini