nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Makanan dan Minuman ini Jadi Rahasia Kecerdasan BJ Habibie, Apa Saja?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 18 Juli 2018 12:33 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 18 298 1923931 makanan-dan-minuman-ini-jadi-rahasia-kecerdasan-bj-habibie-apa-saja-YDt9KRssCL.jpg BJ Habibie. (Foto: ANT)

MENJADI salah satu putra kebanggaan Indonesia, Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie atau yang biasa disapa BJ Habibie ternyata sama seperti anak-anak yang lainnya. Tapi, mungkin satu hal ini yang membedakannya dengan anak-anak lain.

Diungkapkan Habibie, dirinya sudah sejak kecil suka makan ikan. Makan ikan baginya sudah seperti kebiasaan setiap hari yang sayang untuk dilewatkan. Ya, begitu juga mungkin budaya di Makassar.

"Saya suka ikan bakar, ikan goreng, mau pun ikan rebus yang ada di sup ikan. Ya, saya memang sangat suka dengan ikan," ceritanya dalam acara Sambut Hari Anak, Habibie Ajak Anak Indonesia Miliki Pola Makan Sehat Sejak Kecil Untuk Tumbuh Sehat dan Cerdas, di kediamannya kawasan Jakarta Selatan, Selasa (17/7/2018).

Baca Juga: 5 Pasukan Timnas Prancis yang Merupakan Seorang Muslim

Bahkan, saat tinggal di Jerman dirinya mengaku tetap makan ikan. Dan salah satu yang juga dia lakukan meski berada di Jerman adalah tetap makan nasi. "Saya masak sendiri. Kemudian beli ikan dan saya bersama ibu (Hasri Ainun Besari, Red) makan di satu meja yang sama," ungkap Presiden Ketiga RI tersebut seraya tersenyum.

Selain itu, alasan lain Habibie menyenangi makan ikan adalah lantaran dia memiliki kenangan tentang Ainun. Menurut Habibie, mereka sering menghabiskan waktu makan ikan bersama di meja makan.

Baca Juga: Merinding! Pengalaman Mistis Pendaki Gunung Gede Kini Jadi Viral di Medsos

"Ibu juga suka makan ikan. Dia kan orang Jawa, jadi makan ikannya digoreng. Sedangkan saya orang Sulawesi, makan ikannya bisa digoreng, dibakar, mau pun direbus jadi sup," katanya.

"Nah, karena saya suka makan sup ikan, alhasil Ibu pun belajar cara bikinnya. Dia cerdas. Ibu mencampurkan budaya Jawa dengan Sulawesi. Masakan sup ikan Ibu enak sekali," cerita Habibie.

Selain doyan makan ikan, Habibie juga ternyata suka sekali makan sayur, minum air putih, dan minum susu. "Tapi, minum susunya jangan kebanyakan, enggak baik," singkatnya.

Habibie coba menjelaskan sedikit kebiasaannya minum susu. "Minum susu di Indonesia dengan di Jerman berbeda. Kalau di Jerman karena udaranya dingin, minum susu jadi penambah stamina. Kalau minum di Indonesia, jangan banyak-banyak," katanya.

"Kalau sudah main, keringatan, ya, minum air es, bukan susu. Ada es kesukaan eyang, namanya es palu butung. Itu enak sekali," ucapnya lantas tertawa.

(Foto: ANT)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini