6 Makanan yang Direkomendasikan bagi Penderita Leukemia

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 18 Juli 2018 14:17 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 18 298 1924004 6-makanan-yang-direkomendasikan-bagi-penderita-leukemia-AEUmn5fBy7.jpg Sereal untuk penderita leukemia (Foto:Ist)

 

DIET bisa menjadi salah satu senjata ampuh dalam memerangi leukimia. Pasalnya, sangat penting bagi penderita leukemia untuk mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan, karena dipercaya dapat membantu tubuh melawan sel kanker. Makanan kaya protein, vitamin, dan nutrisi esensial lainnya juga diperlukan agar tubuh tetap kuat, sehingga Anda bisa terus berjuang melawan penyakit tersebut.

Menurut Dee Sanquist, ahli diet sekaligus juru bicara American Dietic Association dari Fairfield, Iowa, diet sehat untuk penderita leukemia sebetulnya sangat mirip dengan diet yang sering dilakukan oleh orang-orang pada umumnya. Namun ada beberapa panduan khusus, mengingat perawatan leukemia dapat memicu rasa mual dan mengurangi nafsu makan pasien.

Dilansir dari Everyday Health, Rabu (18/6/2018), berikut 6 rekomendasi makanan yang dapat dikonsumsi oleh para penderita leukemia.

 BACA JUGA:

Jangan Diremehkan, 5 Tanda Gejala Leukemia Ini Harus Ditangani Serius

Usahakan konsumsi 10 jenis buah dan sayuran setiap hari

Vitamin, mineral, antioksidan, dan phytochemical dalam buah dan sayuran dipercaya ampuh untuk melawan sel kanker. Bagi para penderita leukemia direkomendasikan untuk lebih banyak mengonsumsi kedua jenis hidangan tersebut. Anda bisa menambahkan buah beri sebagai topping sereal dan pancake, menambahkan es krim atau frozen yogurt pada potongan buah persik dan blackberry, membuat smoothies stroberi, atau mengonsumsi apel dan pisang sebagai camilan setiap hari.

Sayuran kukus

Mengolah sayuran dengan teknik pengukusan, memungkinkan Anda untuk mendapatkan nutrisi yang lebih banyak dibandingkan teknik masak lainnya. Bingung memilih resepnya? Tumislah beberapa potong paprika, jamur, brokoli, dan wortel, kemudian tambahkan kacang polong manis, kembang kol, dan zucchini kukus untuk membuat salad. Anda juga bisa membuat sup sayuran yang berbahan dasar bayam, kale, sawi hijau, dan lobak.

Perbanyak konsumsi gandum

 

Setiap makanan harus memiliki kandungan nutrisi yang berlimbah. Dengan kata lain, roti gandum utuh bisa jadi alternatif terbaik untuk menggantikan beras putih yang selama ini Anda konumsi. Selain roti gandum, Anda juga menggunakan nasi merah, sereal gandum, atau biji-bijian seperti quinoa.

Protein adalah prioritas

Efek samping kemoterapi biasanya akan menimbulkan rasa mual dan muntah. Hal ini tentu membuat seseorang menghindari sejumlah makanan berat seperti olahan daging sapi atau ayam. Namun menurut Sandquist, sangat penting bagi penderita leukemia untuk mendapatkan asupan protein yang cukup sebagai sumber energi mereka. Jika sajian hamburger sudah tidak menarik lagi bagi Anda, cobalah memasak sesuatu yang sedikit lebih hambar. Misalnya sepotong ikan atau daging ayam dengan sedikit bumbu tambahan. Mungkin lebih mudah untuk mengonsumsi ayam atau ikan yang telah diolah menjadi sajian sup. Bagi para vegetarian, makanan berprotein yang direkomendasikan mencakup biji-bijian, produk berbahan dasar kedelai seperti tahu atau susu kedelai, gandum, dan telur.

 

Penuhi bakteri sehat

 

Perut membutuhkan bakteri sehat yang dapat membantu tubuh dalam mencerna makanan. Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung prebiotik seperti sajian yogurt, kefir, bahkan beberapa jenis sereal kini sudah memiliki kandungan prebiotic.

BACA JUGA:

Momen Kate Middleton Tertangkap Kamera Jadi Seorang Ibu, Cool Mom!

Makanlah setiap dua atau empat jam

Para penderita leukemia cenderung mengalami penurunan berat badan karena kehilangan nafsu makan yang disebabkan oleh efek samping kemoterapi. Namun, diperlukan asupan gizi yang seimbang untuk menjaga berat badan agar tubuh tetap kuat. Jika sulit untuk mengonsumsi makanan berporsi besar, Anda bisa mengakalinya dengan mengonsumsi camilan kecil setiap dua hingga empat jam sekali.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini