nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ngemil tapi Berat Badan Tetap Terjaga? Bisa, Ini Snacknya

Agregasi Koran Sindo, Jurnalis · Rabu 18 Juli 2018 17:45 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 18 298 1924066 ngemil-tapi-berat-badan-tetap-terjaga-bisa-ini-snacknya-c6c2qQeD2M.jpg Almond untu jaga berat badan (Foto:Ist)

UNTUK mencapai berat badan ideal, kini semakin banyak orang yang memperhatikan asupan makanan dengan menjalankan berbagai jenis diet.

Makanan selingan yang sehat dapat membantu menjaga berat badan tetap ideal. Menurut Brand Manager Slim & Fit Kalbe Lydia Trisna Wibowo, memiliki berat badan ideal bukan sebatas untuk penampilan, melainkan juga berpengaruh pada kesehatan.

Terlalu kurus dan terlalu gemuk pada dasarnya juga tidak dianjurkan. “Kedua kondisi tersebut sama-sama dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan, seperti penyakit anemia jika terlalu kurus serta penyakit jantung, diabetes, dan gagal ginjal jika terlalu gemuk,” ujar Lydia seperti dalam rilis yang diterima KORAN SINDO .

BACA JUGA

Saat Bella Hadid hingga Kanye West Alami Malfungsi Busana, Begini Wujudnya

Lydia menambahkan, untuk dapat hidup sehat dengan berat badan ideal, Kementerian Kesehatan mengimbau masyarakat untuk memperhatikan gizi seimbang. Gizi seimbang yang dibutuhkan untuk hidup sehat adalah karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

Dalam tubuh, zat-zat gizi tersebut berfungsi sebagi sumber energi (terutama karbohidrat dan lemak), zat pembangun (protein), serta zat pengatur (vitamin dan mineral). Lydia menuturkan, perlu diperhatikan bahwa setiap jenis makanan per porsinya mengandung kalori berbedabeda. Sebagai contoh, nasi putih memiliki 175 kkal, mi goreng 321 kkal, gorengan 137 kkal, dan mi instan 380 kkal.

Menurutnya, setiap jenis makanan memiliki kalori berbeda-beda. Karena itulah, pemilihan makanan dengan kalori yang cukup perlu diperhatikan, apalagi jika dalam sehari seseorang juga mengonsumsi makanan selingan.

“Karena itulah, diperlukan makanan selingan atau snacking tepat dengan kalori yang rendah,” ujar Lydia. Sementara itu, menurut Profesor Joan Salge Blake dari Boston University, almond adalah kudapan pertama yang sah dimakan saat perut lapar dan menekan nafsu untuk ngemil .

BACA JUGA:

Makanan dan Minuman ini Jadi Rahasia Kecerdasan BJ Habibie, Apa Saja?

Famili dari kacang-kacangan ini mengandung serat, protein, dan lemak tak jenuh. “Saat perut mulai protes minta makan, Anda bisa mengandalkan camilan dari kacang almond yang cocok diolah menjadi makanan apa pun atau topping makan buah dan salad,” ujar Blake, dilansir cnn.com .

Selain almond, blueberry dan keju menjadi makanan selingan lain yang sehat dikonsumsi. Blake menerangkan, blueberry dapat dipilih menjadi camilan nikmat dan bikin nagih . Menurutnya, rasa manis asam dari buahbuahan berry itu sangat enak dinikmati dan sehat.

“Anda bisa menambahkan keju rendah kalori saat mengonsumsi blueberry,” ujar Blake.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini