nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penting, Ini 10 Pertimbangan saat Membeli Sepatu Olahraga

Agregasi Koran Sindo, Jurnalis · Kamis 19 Juli 2018 13:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 19 194 1924468 penting-ini-10-pertimbangan-saat-membeli-sepatu-olahraga-aqd7uUa2Gf.jpg Sepatu olahraga (Foto:Menshealth)

SEPATU menjadi peralatan yang tidak kalah penting ketika berbicara tentang melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Karena pemilihan sepatu yang sesuai tentu akan memberi rasa nyaman dan meminimalisir dampak cedera ketika melakukan aktivitas fisik tersebut.

Bagi Anda yang sering olahraga untuk membakar kalori, ada satu hal penting yang perlu dipersiapkan selain pemanasan dan stamina yaitu sepatu. Pemilihan sepatu bisa memengaruhi aktivitas berolahraga.

(Baca Juga: 7 Fakta Jumat Tanggal 13, Benarkah Bawa Sial?)

(Baca Juga: Gak Perlu Sampai Pamer Dada, 6 Cara Ini Bisa Bikin Pria Langsung On)

Saat ini sepatu olahraga hadir dalam berbagai model, bahan dan merek sehingga untuk membelinya dibutuhkan pertimbangan tertentu. Berikut 10 hal yang perlu diperhatikan saat membeli sepatu olahraga versi survei Litbang KORAN SINDO.

1.KUALITAS

Kualitas menjadi hal pertama yang perlu diperhatikan agar pemakaian sepatu bisa bertahan lama. Sepatu yang berkualitas, selain lebih kuat juga akan lebih nyaman dipakai. Tak heran jika biasanya sepatu olahraga dengan kualitas bagus dibanderol dengan harga cukup mahal.

 

2. KENYAMANAN SAAT DIGUNAKAN

Kenyamanan merupakan salah satu faktor penting dalam memilih sepatu karena akan berpengaruh terhadap aktivitas berolahraga. Beberapa indikasi kenyamanan adalah sepatu tidak terlalu longgar, tidak terlalu sempit, dan ada ruang untuk menggunakan kaus kaki.

3. MEREK

Dunia olahraga menarik beberapa perusahaan produsen perlengkapan olahraga untuk memproduksi barang terbaiknya. Beberapa merek sepatu olahraga berlomba-lomba membuat sepatu nyaman dengan kualitas terbaik bagi para pencinta olahraga. Berbeda merek, berbeda pula kenyamanan dan kualitas yang ditawarkannya.

 

4. MODEL

Sepatu olahraga kini hadir dengan beragam model yang terlihat trendy dan eye catching. Bukan saja untuk laki-laki, namun juga untuk wanita. Bahkan sepatu olahraga kini bisa digunakan bukan saja untuk berolahraga, tapi juga untuk berjalan-jalan ke pusat perbelanjaan.

5. HARGA

Membeli sepatu olahraga juga perlu mempertimbangkan budget yang tersedia. Meski harga tidak akan membohongi kualitas. Namun kemampuan dana juga perlu menyesuaikan.

 

6. BAHAN

Material bahan yang digunakan untuk membuat sepatu olahraga berbeda dengan sepatu pada umumnya. Sepatu olahraga memiliki bobot lebih ringan untuk memudahkan aktivitas. Alas kaki sepatu olahraga juga berbeda

 

7. WARNA

Warna sepatu olahraga kini tidak monoton. Banyak corak yang dipadu-padankan dalam satu sepatu. Bagi para olahragawan yang ingin tampil stylist, warna sepatu warna warni kerap menjadi pilihan.

8. MEMILIH SESUAI BENTUK KAKI

Poin ini menjadi salah satu hal sangat penting untuk diperhatikan sebelum membeli sepatu olahraga. Kenali terlebih dahulu bentuk kaki sebelum atau saat hendak membeli. Berbeda ukuran kaki, tentu berbeda pula sepatu yang bisa nyaman digunakan.

 

9. TUJUAN PENGGUNAAN

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan yaitu tujuan penggunaan sepatu. Jika tujuannya untuk berolahraga futsal atau sepak bola, belilah sepatu khusus untuk sepak bola atau futsal. Jika tujuannya untuk lari, belilah sepatu khusus untuk lari.

10. KELENTURAN SEPATU

Kelenturan sepatu berdampak pada kenyamanan saat berolahraga. Berolahraga lari, bermain bola, bulu tangkis, voli, golf memerlukan sepatu lentur untuk memudahkan penggunanya bergerak. Sepatu lentur juga memudahkan saat memakainya sehingga tidak menyakiti kaki pengguna.

PERUSAHAAN SEPATU OLAHRAGA TERPOPULER

Nike

Nike adalah salah satu perusahaan sepatu dan alat olahraga di dunia yang berbasis di Amerika Serikat (AS). Mereka juga mensponsori atlet terkenal di dunia seperti pegolf Tiger Woods, pesepakbola Cristiano Ronaldo dan pebasket Michael Jordan. Nike dikenal dengan lambangnya yang khas yaitu tanda centang agak melengkung.

Adidas

Adidas, perusahaan yang telah berdiri sejak 1920-an ini menawarkan sepatu untuk olahraga apapun dan juga menyedian atribut olahraga lain. Nike adalah saingan terberat Adidas untuk menguasai dunia sepatu olahraga.

Reebok

Reebok merupakan perusahaan yang didirikan pada 1895 dengan nama awal yaitu J.W Foster and Sons hingga akhirnya berubah menjadi Reebok (Nama Reebok berasal dari jenis rusa Afrika). Reebok diakuisisi oleh Adidas pada 2005 untuk menyaingi Nike. Sepatu keluaran Reebok kebanyakan adalah sepatu lari dan sepatu basket.

Puma

Merek sepatu Puma ini berasal dari Jerman yang segmennya ditujukan kepada para pemain basket profesional. Perusahaan ini juga memproduksi sepatu untuk atletik. Banyak even olahraga di dunia menjadikan Puma menjadi sponsor utamanya. Puma juga ikut mensponsori Indian Premeir Liga.

New Balance

New Balance merupakan perusahaan berbasis di AS. William. J. Riley sebagai pendiri dari New Balance sangat menjaga kualitas produknya meski tetap dipasarkan dengan harga murah. Nama merek New Balance terinspirasi ketika William Riley sedang melihat ayam di halaman belakang rumah. Ketika itu dirinya melihat bagaimana 3 jari kaki ayam menyeimbangkan badan ayam. Hingga akhir ia menciptakan bagian dalam sepatu dengan 3 cabang yang tercipta dari ide kaki ayam.

Bata

Bata merupakan perusahaan sepatu yang didirikan oleh 3 bersaudara Tomas, Antonin dan Anna Bata. Walaupun sempat mengalami kesulitan semasa perang dunia ke-1, keluarga Bata tetap membantu orang-orang di sekitarnya dengan memotong harga sepatu sebesar 50%, dan gaji karyawan sebesar 40%, dengan kompensasi pakaian, makanan dan tempat tinggal murah. Di India, Bata merupakan produk merek sepatu sangat disukai, dimana perusahaan Bata memiliki setidaknya 1.250 toko di 500 kota di India.

Fila

Fila berasal dari Italia. Sebagai produsen sepatu olahraga besar, awalnya FILA memproduksi pakaian olahraga untuk atletik wanita pria dan anak-anak. Walaupun Fila telah menuai kesuksesan di era 90an, namun di awal 2000 Fila mengalami kesulitan dalam persaingan pasar seperti Adidas, Nike dan Puma. Hingga akhirnya pada 2007, seluruh merek yang berkaitan dengan Fila dikuasai oleh Fila Korea.

Converse

Converse merupakan perusahaan sepatu Amerika Serikat (AS). Sebagian besar produk sepatu yang sukses dijual di pasaran merupakan sepatu yang berasal dari Chuck Taylor All Stars dan Jack Purcell. Converse memiliki pasar penjualan sepatu di AS yang mencapai 80% sejak 1970. Sejak produksi pertamanya di tahun 1966, Converse telah menjual lebih dari 800 juta pasang sepatu di seluruh dunia.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini