nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Fakta Jumat Tanggal 13, Benarkah Bawa Sial?

Annisa Aprilia, Jurnalis · Kamis 19 Juli 2018 09:40 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 19 196 1924366 7-fakta-jumat-tanggal-13-benarkah-bawa-sial-rmCcOFV6Hg.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SEBAGIAN dari masyarakat mungkin pernah mendengar jika Jumat tanggal 13 adalah hari sial. Orang-orang yang meyakini pun menghindari menggelar acara besar di hari itu, karena takut sesuatu yang buruk terjadi.

Melansir dari laman Express, Kamis (19/7/2018), berikut beberapa fakta terkait Jumat tanggal 13, yang tidak pernah Anda ketahui sebelumnya.

1. Sudah diyakini sekira 4.000 tahun lalu

Ketakutan pada angka 13 berasal sekira 4.000 tahun oleh bangsa Babilonia kuno. Mereka menganggap angka 12 sebagai angka keberuntungan, karena bisa dibagi dengan 2, 3, 4, dan 6, tapi terganggu dengan adanya angka 13.

2. Keyakinan pada Loki

Dalam mitologi Norse Tua menceritakan tentang kedatangan Loki sebagai tamu ke 13 di sebuah perjamuan Valhalla yang mengakibatkan kematian Dewa Baldur.

Baca Juga: 5 Pasukan Timnas Prancis yang Merupakan Seorang Muslim

3. Ada fobia pada Jumat tanggal 13

Saking dianggap begitu menyeramkannya, bahkan ada orang yang fobia dengan Jumat tanggal 13. Fobia ini disebut paraskevidekatriaphobia atau friggatriskaidekaphobia.

4. Ada 1-3 Jumat tanggal 13 tiap tahun

Meskipun sering dihindari, kenyataan tetap tidak bisa ditolak. Pasalnya, setiap tahun memiliki antara satu hingga tiga buah Jumat yang bertanggal 13. Tahun ini misalnya, Jumat yang bertanggal 13 ada dua buah, pada April salah satunya.

5. Misteri di balik novel Friday The Thirteenth

Seorang pengusaha Amerika Serikat yang sangat kaya, yaitu Thomas Lawson pernah menulis novel tentang Jumat tanggal 13 pada 1907, berjudul Friday The Thirteenth. Uniknya, Lawson kemudian meninggal dan lima hari kemudian hari Jumat tanggal 13.

Baca Juga: Hidup Serba Mewah, Harun Yahya Kerap Dikelilingi Perempuan Cantik

6. Perayaan hari sial di Italia

Masyarakat Italia memiliki sebuah hari yang dirayakan cukup unik. Hari tersebut adalah hari kesialan yang digelar secara tradisional. Uniknya, perayaan hari sial itu dilaksanakan pada tanggal 17 bukan 13.

7. Bencana lebih sedikit pada Jumat tanggal 13 di Belanda

Saking dihindarinya hari Jumat yang bertanggal 13, sebuah klaim asuransi di Belanda mengungkap, kasus pencurian, kebakaran, hingga kecelakaan jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan hari-hari lainnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini