Penyebab Sakit Kepala Menyerang saat Perut Lapar

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 19 Juli 2018 11:21 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 19 481 1924412 penyebab-sakit-kepala-menyerang-saat-perut-lapar-scB0K5bZEn.jpg Sakit kepala menyerang saat perut lapar (Foto:Menshealth)

SAAT sakit kepala menyerang, orang cenderung sulit berkonsentrasi karena harus menahan rasa nyeri. Banyak penyebab seseorang mengalami sakit kepala. Salah satunya karena ia merasa lapar.

Tubuh membutuhkan sejumlah nutrisi sepanjang hari untuk menjalankan fungsi dan memanfaatkan energi dengan optimal. Ketika jam makan terlewatkan, maka akan memengaruhi tubuh dengan cara yang negatif. Sakit kepala saat lapar disebabkan oleh kadar glukosa yang rendah di dalam tubuh.

Glukosa digunakan oleh hampir semua jaringan tubuh dan merupakan sumber energi pilihan untuk otak. Bila kadar glukosa turun, tubuh mungkin mulai merasa lesu, letih, dan bahkan mengalami dehidrasi. Jika dibiarkan begitu saja, otak akan mulai menggunakan sumber energi alternatif sehingga menyebabkan sakit kepala. Tak hanya karena kadar glukosa turun, sakit kepala saat lapar bisa juga disebabkan karena tubuh terlalu banyak meminum kafein sedangkan tidak ada asupan nutrisi yang lain.

BACA JUGA:

Jarang Makan Nasi, Ini Makanan Favorit Mawar de Jongh

Saat sakit kepala karena lapar menyerang, rasa nyeri akan menyerang bagian depan dahi. Kemudian berkembang dengan kontraksi berkelanjutan dari otot rangka dahi, kulit kepala, dan leher. Ada pula yang sampai mengalami kelemahan ekstrim, keringat, keadaan pikiran yang bingung, kurang konsentrasi, tubuh gemetar, dan mual.

 

Untuk itu, sakit kepala karena lapar perlu dicegah. Caranya makan teratur dan menyediakan camilan sehat guna berjaga-jaga apabila merasa lapar namun belum sempat makan. Selain itu, konsumsilah makanan yang terdiri dari berbagai buah dan sayuran, protein tanpa lemak, serta gandum utuh agar membuat tubuh kenyang lebih lama. Jangan lupa untuk tetap menjaga tubuh terhidrasi dengan baik. Minumlah air dalam jumlah yang cukup dan membatasi gula tambahan.

BACA JUGA:

6 Inspirasi Padu Padan Denim ala Cinta Laura, Bikin Penampilanmu Makin Kece

Sebisa mungkin hindari minuman berkafein karena dapat menyebabkan ketergantungan sehingga bila tidak meminumnya sehari saja dapat membuat sakit kepala. Tambahkan lebih banyak protein karena merupakan komponen vital untuk nutrisi yang baik. Konsumsi obat penghilang sakit kepala juga bisa menjadi pilihan karena akan mengurangi intensitas rasa sakit. Namun ingat untuk segera mengisi perut yang kosong.

Demikian seperti yang dilansir dari Bel Marra Health, Kamis (19/7/2018).

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini