nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jelang & saat Menstruasi Perempuan Terus Merasa Lapar, Ini Sebabnya

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 19 Juli 2018 12:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 19 481 1924433 jelang-saat-menstruasi-perempuan-terus-merasa-lapar-ini-sebabnya-DheB0ncS7n.jpg Merasa lapar saat menstruasi (Foto:Thedailymail)

MENGINGINKAN suatu makanan dan terus menerus merasa lapar adalah hal yang wajar terjadi pada perempuan menjelang masa menstruasi. Bukan hanya perubahan suasana hati, perubahan selera makan juga biasanya bisa mengganggu. Sebab pada beberapa perempuan nafsu makan menjadi tidak terkontrol dan akibatnya mereka makan berlebih.

Perubahan selera makan terjadi karena fluktuasi hormon estrogen dan progesteron. Sewaktu ovulasi, sekira 12-16 hari sebelum menstruasi, tubuh bersiap-siap untuk hamil. Saat itu tubuh menjadi lebih bergairah sehingga hormon estrogen dan progesteron mengalami peningkatan kemudian memicu respons rasa lapar. Selain itu, di waktu ini tubuh membakar 15% kalori lebih banyak sehingga rasa lapar muncul.

Sama halnya dengan periode menstruasi. Saat itu tubuh melakukan beberapa pekerjaan tambahan seperti membakar lebih banyak kalori dan BMR (Basal Metabolic Rate) naik. Supaya mendapatkan jumlah kalori yang cukup, tubuh mengirimkan sinyal lapar ke otak.

BACA JUGA:

Jarang Makan Nasi, Ini Makanan Favorit Mawar de Jongh

Rasa lapar membuat kebanyakan perempuan menginginkan cokelat, es krim, atau makanan apapun yang membuat tubuh merasa nyaman. Sayangnya makanan-makanan itu lebih sering mengandung banyak kalori dibanding nutrisi. Akibatnya tubuh akan mengonsumsi makanan berlebih dan pada gilirannya berdampak pada kenaikan berat badan.

Untuk itu, melansir Boldsky, Kamis (19/7/2018), berikut beberapa cara untuk mengendalikan rasa lapar ketika menjelang dan pada saat menstruasi:

 

1. Bersikap baik kepada diri sendiri

Bila merasa sangat lapar, murung, dan sensitif, jangan membenci diri sendiri tetapi berbaik hati. Jika makanan tertentu dianggap membuat tubuh merasa lebih baik, konsumsilah dalam porsi yang terkontrol.

2. Jangan membandingkan diri dengan perempuan lain

Hal terburuk yang dapat dilakukan perempuan adalah membandingkan dirinya dengan orang lain ketika mengalami PMS, kenaikan berat badan, peningkatan rasa sakit, atau kram. Jadi, usahakan diri sendiri menerima hal-hal yang terjadi pada tubuh. Sebab masing-masing perempuan bisa saja mengalami hal yang berbeda saat menstruasi.

BACA JUGA:

Uniknya Gunung Shada Arab, Gua-Gua Disulap Jadi Rumah

3. Lakukan latihan ringan dan makan dengan benar

Jika tubuh mengalami kelelahan dan kram menstruasi, cobalah melakukan latihan ringan seperti yoga atau berjalan. Konsumsi pula makan sehat untuk membuat tubuh merasa lebih baik. Pilih makanan alami berserat tinggi seperti walnut, kurma, buah-buahan, dan sayuran.

 

4. Makan camilan dengan pintar

Jika merasa ingin makan sesuatu yang asin, jangan konsumsi keripik yang dipenuhi sodium karena bisa membuat perut kembung. Sebaliknya, pilihlah kacang kering seperti kacang almond atau kacang mete dan taburkan sedikit garam. Mengunyah permen karet atau minum segelas air hangat dengan buah segar dan mint juga bisa menjadi alternatif.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini