nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Habis Berenang Jangan Langsung Makan, Ini Akibatnya!

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 19 Juli 2018 13:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 19 481 1924489 habis-berenang-jangan-langsung-makan-ini-akibatnya-sFg0rTmaAM.jpg Ilustrasi (Foto: India)

HABIS berenang kurang lebih satu jam di dalam air, pasti perutmu rasanya lapar sekali. Tapi awas, jangan langsung makan karena bisa bikin perutmu kram.

Sayangnya, banyak orang yang tidka menyadari dampak dari kebiasaan ini. Untuk menghindari rasa kram, Anda bisa menunggu sekira 30 menit usai berenang.

Karena setelah makan lebih banyak darah diarahkan ke usus dan semua bagian sistem pencernaan, sehingga aliran darah di bagian lengan dan kaki bisa berkurang. Jadilah Anda mudah lelah dan perut terasa nyeri.

Lebih lanjut, ketahui bahaya dari kebiasaan langsung makan usai berenang tanpa ada jeda yang panjang. Berikut ulasannya, dilansir Boldsky, Kamis (19/7/2018).

1. Peningkatan aliran darah ke usus dan lambung

Saat kondisi usus dan lambung aliran darahnya meningkat, jelas menganggu sistem pencernaan. Tentu otot jadi bekerja keras kalau Anda langsung makan usai berenang. Satu hal yang bisa terjadi dari masalah ini adalah bisa membuatmu merasa mual. Alih-alih kamu bisa muntah dan dikira cuma masuk angin saja.

2. Perut kram

Jika terbiasa langsung makan habis berenang, khawatirnya bikin perutmu kram. Gangguan itu terjadi karena lebih banyak darah diarahkan ke usus, yang membuat jumlah oksigen yang mencapai otot berkurang. Tak pelak Anda mengalami kram dan efeknya bisa bikin kamu kelelahan.

Makan habis berenang

3. Nyeri perut

Di samping mengalami rasa kram, Anda juga bisa mengalami nyeri perut. Itu sebabnya ada aliran darah yang terbatas, yang bisa menekan paru-paru dan perut. Hal ini pasti bikin aktivitasmu terganggu dan bisa membahayakan. Sayangnya, orang banyak mengira kalau hal ini terjadi karena kelamaan berada di dalam air dan faktor lainnya.

Untuk menghindari semua dampak dari makan langsung usai berenang, beri jeda paling tidak 30 menit. Perbanyak jalan kaki agar tidak mudah kram dan aliran darah lancar ke seluruh bagian tubuh.

Kalau ingin makan, hindari konsumsi sumber karbohidrat yang bikin perut cepat kenyang, bahkan bisa mengganggu sistem pencernaan Anda. Sebagai gantinya, makanlah banyak sumber protein dan serat yang mudah dicerna oleh tubuh.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini