nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jika Mengalami 7 Gejala Anemia Ini, Segera Periksa ke Dokter

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Kamis 19 Juli 2018 13:47 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 19 481 1924501 jika-mengalami-7-gejala-anemia-ini-segera-periksa-ke-dokter-4qJp4wCmuY.jpg Ilustrasi pica (Foto: Shutterstock)

ANEMIA mungkin sudah tak asing lagi di telinga kita. Anemia terjadi ketika Anda tidak memiliki cukup sel darah merah di dalam tubuh, sehingga jumlah oksigen di dalam darah Anda menjadi rendah karena ketidakmampuan sel darah tersebut membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh.

Orang-orang yang paling berisiko mengalami anemia adalah wanita hamil, orang-orang dengan penyakit kronis termasuk radang usus, tiroid, dan kanker. Penyebab dan dampaknya pada setiap orang pun dapat berbeda-beda.

Anemia juga dapat menjadi tanda kondisi kesehatan serius pada tubuh Anda. Bisa jadi ini peringatan bahwa sesuatu yang lain sedang terjadi di dalam tubuh Anda. Karenanya, jika Anda mengalami 5 gejala anemia ini, segeralah periksa ke dokter. Simak ulasannya dilansir dari Bustle, Kamis (19/7/2018):

 (Baca Juga:7 Fakta Jumat Tanggal 13, Benarkah Bawa Sial?)

Pucat

Anda mungkin memiliki kulit putih pucat. Tapi bukan berarti hal itu membuat Anda menjadi anemia. Pucat yang dimaksud adalah ketika bagian-bagian tertentu dari tubuh Anda lebih pucat dari yang seharusnya. Hal ini dikarenakan hemoglobin di dalam sel darah merah cukup rendah sehingga membuat darah kurang merah.

 

Rambut rontok

Rambut rontok dapat terjadi ketika Anda kekurangan zat besi. Karena ketika zat besi berkurang, tubuh tidak dapat memproduksi hemoglobin dalam darah dan membawa oksigen yang membantu pertumbuhan dan perbaikan sel-sel dalam tubuh.

Sulit fokus

Anemia tidak hanya berdampak pada produksi sel darah merah, namun juga memengaruhi pengiriman oksigen ke organ lain. Hal ini dapat memengaruhi suasana hati dan tingkat energi seseorang, sehingga Anda menjadi merasa terganggu dan sulit berkonsentrasi.

 

Merasa lelah terus-menerus

Anemia dapat membuat seseorang merasa lelah sepanjang waktu. Ini adalah gejala yang umum dan dapat memengaruhi mereka yang kekurangan zat besi. Semakin sedikit oksigen yang mencapai jaringan otot, maka semakin sedikit energi yang mereka miliki. Hal ini memicu jantung bekerja lebih keras sehingga membuat tubuh mudah merasa lelah dan mengantuk.

 (Baca Juga:Jangan Sepele! Aktivitas Sehari-hari Ini Ternyata Bisa Merusak Rambut dan Kuku)

Kaki kram

Penderita anemia biasanya akan mengalami kram kaki saat olahraga atau melakukan banyak aktivitas fisik. Hal ini karena sel darah merah Anda tidak cukup untuk melakukan sirkulasi dengan benar.

 

Ingin makan benda aneh

Salah satu tanda anemia paling aneh adalah mengidam makan benda-benda aneh seperti tanah liat, kapur, atau kertas. Kondisi ini disebut "pica" dan terjadi ketika Anda kekurangan zat besi.

Tangan dan kaki dingin

Jika tangan dan kaki Anda mudah merasa dingin pada suhu apapun, ini bisa jadi tanda Anda mengalami anemia. Karena anemia membuat darah Anda tidak bisa beredar ke seluruh tubuh dengan baik.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini