5 Makanan Terbaik untuk Cegah Nyeri Sendi Akibat Peradangan

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 19 Juli 2018 14:45 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 19 481 1924519 5-makanan-terbaik-untuk-cegah-nyeri-sendi-akibat-peradangan-fcapnHDlBz.jpg Makanan untuk redakan nyeri sendi (Foto:Ist)

 

SARAF atau bagian persendian tubuh mudah saja mengalami peradangan di saat Anda melakukan aktivitas yang berat. Nah, ada beberapa makanan yang diklaim bisa mencegah masalah tersebut.

Setiap hari Anda memang dituntut harus mengontrol kondisi tubuh agar bebas dari masalah peradangan. Jika tidak, Anda bisa mengalami peradangan kronis menahun. Dampaknya tentu mengganggu kenyamanan saat menggerakkan tubuh.

Salah satu caranya untuk mengurangi risiko peradangan ialah mengonsumsi makanan yang memiliki sifat anti-inflamasi. Ada beragam jenis makanan tersebut yang harus Anda ketahui, berikut ulasannya, dilansir Thehealthsite, Kamis (19/7/2018).

(Baca Juga: 7 Fakta Jumat Tanggal 13, Benarkah Bawa Sial?)

(Baca Juga: Gak Perlu Sampai Pamer Dada, 6 Cara Ini Bisa Bikin Pria Langsung On)

1. Minyak zaitun

Penggunaan minyak zaitun dapat melawan peradangan karena mengandung senyawa yang menguntungkan. Menurut sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2011, senyawa di dalam minyak zaitun dikenal dengan oleocanthal yang mencegah produksi enzim yang memicu peradangan. Adapun cara penggunaanya pijat di area kaki atau tangan yang terasa nyeri sampai terasa nyaman.

2. Jahe

 

Rempah jahe juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dikenal sebagai gingerol. Menurut sebuah studi, jahe efektif untuk mengobati peradangan akut dan kronis. Misalnya pada penderita osteoarthritis atau rheumatoid arthritis, bila tiba-tiba kambuh dan membengkak, segera minum air jahe untuk mengurangi rasa nyeri yang mengganggu.

3. Kunyit

Tak cuma jahe, kunyit juga bisa mencegah peradangan. Rempah ini punya bahan aktif kurkumin yang mengandung antioksidan. Disebutkan para ahli, kurkumin di kunyit sangat efektif dalam mengurangi peradangan atau nyeri otot. Terutama bagi penderita otot keseleo, arthritis, dan lainnya

4. Bawang putih

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal obat dan makanan mengatakan, senyawa dalam bawang putih memiliki sifat anti-inflamasi. Para peneliti mengidentifikasi empat sulfur yang ada di dalam bawang putih. Cara konsumsinya ialah makan langsung bawang putih mentah seperti minum obat pil. Lakukan setiap hari, terutama saat mengalami nyeri otot.

5. Ubi jalar

 

Makan ubi dapat membantu menyembuhkan peradangan dalam tubuh. Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal obat makanan pada tahun 2011, konsentrasi zat gizi dalam ubi mengandung anti-inflamasi potensial. Lalu, tingginya jumlah vitamin C dan E, serta karoten alpha dan beta-karoten di ubi membantu mengurangi peradangan dalam tubuh yang menyakitkan itu.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini