nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Inspiratif, Begini Trik dari Artika Sari Devi agar Anak Doyan Makan Sayur

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 19 Juli 2018 21:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 19 481 1924707 inspiratif-begini-trik-dari-artika-sari-devi-agar-anak-doyan-makan-sayur-z4abjqerYM.jpg Artika Sari Devi (Foto: Sukardi/Okezone)

MASALAH banyak anak-anak di mana pun itu adalah tidak doyan makan sayur. Tidak jelas alasannya apa, tapi kebanyakan sepertinya tidak suka karena rasa sayuran itu tidak enak.

Padahal, mungkin si kecil belum mencobanya langsung. Tapi, karena saudaranya nggak suka atau melihat temannya juga tidak doyan, membuat dia pun ikut-ikutan tidak suka.

Nah, masalah ini sebetulnya bisa diselesaikan dengan cara yang bijak. Kisah Selebriti Artika Sari Devi menyelesaikan masalah ini mungkin bisa menginspirasi Anda.

Artika menjelaskan bahwa kedua anaknya pernah mengalami masalah ini. Tapi, lambat laun malah membuat kedua anaknya ini doyan sekali makan sayuran. Apa yang dilakukan Artika sampai bisa mengubah sikap seperti ini?

Istri dari Ibrahim Imran (Baim) ini ternyata punya cara khusus supaya anaknya mau makan sayur. "Saya selalu membiarkan anak-anak saya merasakan langsung bagaimana rasa sayuran dan buah. Jadi, dia tahu bagaimana rasa asli sayuran atau uah yang dia makan," papar Artika saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Kamis (19/7/2018).

Dia melanjutkan, saat anak-anak kecil, membacakan dongeng sebelum tidur itu keharusan bagi dirinya. Nah, di saat membacakan dongeng itu, Anda bisa menyelipkan kisah sayuran dan buah.

Artika Sari Devi

Jadi, si kecil bisa tahu dengan detail apa yang kemudian dilakukan sayuran dan buah di dalam mulut setelah anak mengonsumsinya. "Saya selalu masukkan karakter sayuran atau buah ke dongeng sebelum tidur. Jelaskan ke si kecil apa manfaat sayuran dan buah buat tubuh manusia, ya, misalnya dengan mengonsumsi sayuran dan buah, adik bisa tahan dari penyakit," ceritanya.

Tapi, saat pertumbuhan anak semakin besar, maka konsep dongeng ini mulai ditinggalkan. Namun, upaya untuk membiasakan anak doyan sayur dan buah tetap harus dilakukan.

"Saya kemudian tidak lagi menjelaskan apa manfaat si buah atau sayuran, tapi mengajak langsung anak saya membelinya di pasar dan mengolahnya jadi makanan," ungkap Artika sambil tersenyum.

Ya, jadi setelah si kecil tahu langsung mana itu buah naga misalnya atau bayam, dia kemudian diajak untuk mengolahnya jadi makanan di dapur. Ini yang kemudian membuat anak tidak asal tahu makanan jadi, tapi, dia juga tahu dari mana asalnya makanan yang dia makan. "Maknanya jadi lebih luas lagi," sambungnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini