nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Konsumsi Daging Olahan Tingkatkan Risiko Gangguan Mental

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 20 Juli 2018 04:28 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 19 481 1924725 konsumsi-daging-olahan-tingkatkan-risiko-gangguan-mental-tl148ClMyN.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

BANYAK orang yang maniak terhadap hal tertentu. Namun ini bukanlah kondisi yang bagus sebab maniak dikaitkan dengan gangguan kesehatan mental. Ada beberapa penyebab maniak, salah satunya konsumsi daging olahan.

Ya, makan daging olahan telah dikaitkan dengan peningkatan risiko episode maniak. Dalam sebuah penelitian baru yang dilakukan oleh John Hopkins University School of Medicine, ditemukan fakta bahwa seseorang yang didiagnosis dengan maniak (kondisi mental abnormal yang ditandai oleh hiperaktif, euforia, dan insomnia) 3 kali lebih mungkin mengonsumsi daging olahan seperti bacon, hot dog, ham, atau salami.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Molecular Psychiatry itu menganalisis sejarah medis dari 1.101 orang dengan dan tanpa gangguan kejiwaan. Hasil analisis menyatakan mereka yang mengonsumsi nitrat yaitu bahan kimia yang sering digunakan untuk menyembuhkan dan mengawetkan daging olahan, dikaitkan dengan kesehatan mental yang buruk. Para peneliti juga melakukan serangkaian percobaan pada tikus dan menemukan tanda-tanda hiperaktif saat mengonsumsi nitrat tambahan.

 (Baca Juga: Ini Dia Dukagjin Lipa, Ayah Dua Lipa yang Tampannya Bikin Salah Fokus)

"Hasil penelitian ini di masa depan dapat menjadi intervensi diet. Dengan begitu membantu mengurangi risiko episode maniak pada mereka yang memiliki gangguan bipolar atau yang rentan terhadap masalah kesehatan mental," ujar penulis utama penelitian Robert Yolken, MD seperti yang dikutip dari Independent, Jumat (20/7/2018).

Tidak ada makanan lain yang tampaknya memiliki hubungan signifikan dengan gangguan kejiwaan selain daging olahan. Sementara itu, maniak dapat berlangsung di mana saja antara beberapa minggu sampai beberapa bulan. Kondisi ini merupakan gejala umum pada gangguan bipolar dan dapat memengaruhi mereka dengan gangguan skizofrenia.

 (Baca Juga:6 Manfaat Makan Daging Ayam, Salah Satunya Redakan Stres)

Mereka yang berada dalam kondisi maniak mungkin mengalami peningkatan mood dan pemikiran delusional. Pada beberapa kasus hal ini dapat menyebabkan perilaku pengambilan risiko yang berbahaya.

"Sudah jelas bahwa maniak adalah keadaan neuropsikiatri yang kompleks. Kerentanan genetik maupun faktor lingkungan kemungkinan terlibat dalam kemunculan dan keparahan gangguan bipolar dan episode maniak terkait. Hasil kami menunjukkan bahwa daging yang diolah dengan nitrat bisa menjadi salah satu pemain lingkungan yang berdampak pada maniak," pungkas rekan penulis Kellie Tamashiro.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini