Share

Membaca Kepribadian Seseorang Berdasarkan Urutan Lahirnya

Tiara Putri, Jurnalis · Sabtu 21 Juli 2018 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 20 196 1925165 membaca-kepribadian-seseorang-berdasarkan-urutan-lahirnya-NhxWGzS6jF.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

URUTAN kelahiran terkadang ikut memengaruhi kepribadian seseorang. Maka dari itu, beberapa anak dengan posisi kelahiran sama memiliki sifat yang hampir mirip. Melalui buku yang ditulisnya, The Birth Order, psikolog Kevin Leman, Ph.D. mencoba menjabarkan sifat-sifat tersebut.

Berikut ulasannya seperti yang dikutip dari Women’s Health, Sabtu (21/7/2018):

Anak sulung

Anak pertama atau anak sulung dipandang terlahir sebagai orang sukses. Alasannya karena anak sulung dianggap sebagai ‘bahan percobaan’ oleh orangtuanya sehingga diharapkan mampu melakukan berbagai macam tindakan. Sedari kecil, anak sulung telah dipersiapkan oleh orangtuanya menjadi orang sukses agar bisa menjadi contoh bagi adik-adiknya. Maka tak heran bila banyak anak sulung yang menjadi penggerak dan pelopor saat dewasa.

Selain itu, ciri-ciri anak sulung yang lainnya adalah dapat diandalkan dan memiliki ketelitian tinggi. Anak sulung sering membuat daftar, baik itu tugas maupun hal lainnya. Mereka juga cenderung menganalisis segala sesuatu sebelum mengambil keputusan.

 

Anak tengah

Kevin menganalogikan anak tengah adalah selai kacang dan jelly dari sandwich keluarga. Anak tengah berada di posisi terjepit antara anak sulung dan bungsu. Secara otomatis, hal ini memengaruhi psikologis anak tengah. Sebab kadang kala mereka dituntut untuk bisa seperti kakaknya namun lebih baik dari adiknya.

Nilai positifnya, anak tengah pada umumnya adalah mediator dan negosiator yang sangat baik karena pengalamannya berada di antara dua sisi. Anak tengah juga sangat setia dan pandai bergaul. Pada dasarnya, mereka dapat membawa orang banyak bersama-sama dalam satu waktu.

Anak bungsu

Anak terakhir atau anak bungsu juga dikenal sebagai anak yang senang bergaul dan keluar rumah. Mereka cukup sosial, ramah, penuh kasih sayang, dan tidak rumit. Tidak seperti anak sulung, anak bungsu cenderung membuat keputusan dengan asal tanpa mempertimbangkannya dengan baik.

Anak tunggal

Tidak semua orang berasal dari keluarga yang memiliki banyak anak. Ada pula yang terlahir menjadi anak tunggal. Secara sifat, bisa dikatakan mereka lebih baik bila dibandingkan dengan anak sulung. Alasannya karena mereka adalah satu-satunya harapan orangtua. Maka tidak heran bila anak tunggal lebih dewasa dibanding dengan anak seusianya.

Namun beberapa di antaranya memiliki kesulitan untuk bergaul. Akan tetapi mereka senantiasa melakukan tindakan dengan baik dalam kehidupan. Anak tunggal juga memiliki sifat keandalan, ketelitian, dan rajin seperti anak sulung. Dengan begitu mereka menjadi pribadi yang bertanggung jawab.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini