nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sederet Keuntungan Ikut PAUD Sejak Balita, Pasti Bikin Takjub Orangtua

Dewi Kania, Jurnalis · Sabtu 21 Juli 2018 09:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 20 196 1925266 sederet-keuntungan-ikut-paud-sejak-balita-pasti-bikin-takjub-orangtua-Qy3d7F8RTJ.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

ZAMAN sekarang, banyak orangtua mulai memasukkan anak balitanya ke sekolah dengan metode belajar pendidikan anak usia dini (PAUD). Kira-kira hal itu pentingkah dilakukan?

Memang pada dasarnya menyekolahkan anak sejak dini sah-sah saja. Terlebih, saat anak menginjak usia tiga tahun, orangtua pasti bimbang apakah harus memasukkan si kecil ke sekolah PAUD atau tidak.

Belum lagi kalau kedua orangtuanya bekerja. Anak harus mendapat metode pembelajaran ekstra dari luar lingkungan rumahnya.

Justru, menurut Psikolog Sani Budiantini, memberi bekal dengan metode pembelajaran di sekolah PAUD tidak disalahkan. Justru anak And a akan mendapat banyak dampak positifnya jika sudah sekolah sejak dini.

Baca Juga: Begini Cara Merangsang Payudara Istri yang Benar, kalau Gemas Jangan Digigit!

"Kalau masuk sekolah PAUD, anak bisa belajar bersosialisasi. Maka perlu sekali, terutama jika ada sekolah yang dekat dari rumah," ujar Sani saat dihubungi Okezone, baru-baru ini.

Di samping mengajarkan anak untuk bersosialisasi dengan teman sebaya atau orang lain di lingkungan sekolahnya, mereka juga mampu menstimulasi perkembangan emosi. Anak jadi tidak mudah marah dan egois di lingkungan keluarga.

Lebih dari itu, anak juga mampu belajar tata bahasa dengan baik, sekaligus memiliki kemampuan kognitif dan motorik yang maksimal. Anak Anda tentu jadi seorang yang pemberani saat menghadapi banyak orang. Artinya, dia tidak jadi anak yang pemalu dan membuat mereka jadi lebih cerdas pastinya.

"Melihat hasilnya anak makin pintar kalau sekolah PAUD pasti bikin orangtua tak terduga dengan kelakuannya, apalagi sering bikin bangga dan takjub," imbuh dia.

Baca Juga: 6 Perempuan Ini Punya Pantat Super Semok, Kepo Ingin Lihat?

Sani pun menyarankan, jika orangtua ingin memasukkan anak balitanya ke sekolah PAUD usia idealnya ialah 3,5 tahun. Anda jangan takut anak jadi bosan kalau dianggap terlalu lama belajar di sekolah.

"Jangan khawatir, anak tidak bosan karena durasinya (sekolah PAUD) tidak lama. Umumnya setiap minggu frekuensi hanya 2 atau 3 kali per minggu," tutup Sani ramah. (MRT)

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini