nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sering Disisihkan, Ini 7 Fakta Mentimun Baik untuk Kesehatan

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 20 Juli 2018 14:13 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 20 481 1925024 sering-disisihkan-ini-7-fakta-mentimun-baik-untuk-kesehatan-ElikAXObAv.jpg Fakta mentimun untuk kesehatan (Foto:Livestrong)

 

MENTIMUN sering dikonsumsi sebagai penetralisir saat melahap makanan berlemak oleh banyak orang. Di balik kesegarannya, Anda harus tahu fakta-faktanya yang ternyata menyehatkan.

Selain sebagai pelengkap makanan, timun juga banyak dimanfaatkan untuk merawat kesehatan kulit. Kaum hawa memanfaatkan mentimun sebagai masker untuk mencerahkan kulit wajah.

Tentunya mentimun banyak manfaat karena nutrisinya yang melimpah. Salah satu yang paling penting ialah mentimun mengandung tinggi antioksidan yang mampu melawan radikal bebas dan menangkal timbunan lemak.

Lebih dari itu, banyak hal menarik lainnya seputar mentimun yang mungkin belum Anda kenali. Supaya tidak penasaran, berikut ulasannya, dilansir WebMD, Jumat (20/7/2018).

 BACA JUGA:

Apes! Organ Intim Pelakor Dioles Saus Sambal dan Kepalanya Dibotaki Habis

1. Satu famili dengan melon

Mentimun berasal dari famili tanaman cucurbitaceae, yang meliputi melon dan labu. Maka jika dilihat-lihat bentuk dan teksturnya mirip sekali. Zat gizinya juga sama-sama baik, sehingga kaya manfaat.

2. Warnanya beragam

Mentimun tersedia dalam berbagai ukuran, bentuk, tekstur, dan warna. Termasuk putih, kuning, dan bahkan oranye. Tapi mungkin mentimun yang sering kita jumpai ialah warna putih dengan kulit hijau segar. Jika dimakan kandungan air alami dari mentimun itu mudah diserap oleh tubuh.

 

3. Bisa dimakan langsung atau diawetkan

Saat makan mentimun biasanya orang bisa langsung mengiris dan mengawetkan lebih dulu. Kedua cara pengolahan ini sama-sama menyehatkan. Nah, jika Anda lebih suka mengiris mentimun dan dimakan langsung, lebih baik jangan dibuang kulitnya ya.

4. Mentimun sering dijadikan acar, bagaimana prosesnya?

Mentimun yang diolah menjadi acar harus direndam dalam larutan yang terbuat dari garam, cuka, dan air. Diamkan beberapa jam, lalu bisa langsung dimakan. Rasanya asam dan bisa menyegarkan mulut.

BACA JUGA:

Lokasi Wisata Esktrem Ini Diperdebatkan, Netizen: Gue Tonton Terus Biar Mereka Tenggelem!

5. Mentimun rendah kalori

Satu porsi mentimun iris memiliki 8 kalori. Tak cukup itu, mentimun juga memiliki lebih dari 10% dari asupan harian vitamin K. Ini sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang, otot dan persendian.

6. Keajaiban Air

 

Mentimun cocok sekali untuk menghidrasi tubuh. Sebab mentimun ini mengandung lebih dari 95% air. Tak ayal, jika seseorang mengolah mentimun ini jadi minuman manis dingin yang ditambahkan sirup gula.

 

7. Menenangkan mata

 

Irisan mentimun sering diletakkan di mata. Bukan tanpa alasan, ritual tersebut dapat membantu mengurangi bengkak alias menenangkan mata. Itu bisa terjadi karena mentimun kaya air dan asam caffeic yang baik manfaatnya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini