nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Manfaat Tersembunyi Minyak Kelapa untuk Kesehatan yang Tidak Banyak Diketahui

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 20 Juli 2018 16:39 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 20 481 1925070 5-manfaat-tersembunyi-minyak-kelapa-untuk-kesehatan-yang-tidak-banyak-diketahui-6FdBL4wtsH.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

MINYAK kelapa dikenal sebagai salah satu bahan untuk memasak. Namun ternyata, masih banyak yang tidak mengetahui bahwa minyak ajaib ini telah digunakan oleh masyarakat India selama beberapa generasi karena memiliki segudang manfaat kesehatan.

Dokter Priyanka Sampat, ahli Ayurveda dari Birla Ayurveda mencatat beberapa manfaat minyak kelapa. Berikut ulasan lengkapnya sebagaimana dilansir dari Times of India, Jumat (20/7/2018).

 

Menyuburkan rambut

Tahukah Anda, minyak kelapa ternyata bermanfaat untuk menyuburkan rambut dan membuat tampilannya menjadi lebih berkilau. Anda hanya perlu memijat kulit kepala selama kurang lebih lima menit dengan minyak kelapa. Tujuannya untuk meningkatkan sirkulasi pada pori-pori kepala dan mengisi kembali nutrisi yang hilang. Jika dilakukan secara teratur, Anda juga dapat terhindar dari serangan ketombe.

 

 (Baca Juga: Ini Dia Dukagjin Lipa, Ayah Dua Lipa yang Tampannya Bikin Salah Fokus)

Menurunkan berat badan

Menurut penelitian, minyak kelapa yang diekstrak dari daging kelapa segar mengandung lebih banyak asam lemak rantai (MCFA) sekitar 70-85% dibandingkan varian lainnya. MCFA adalah molekul (lipid) yang mudah teroksidasi dan tidak akan tersimpan dalam jaringan adiposa seperti asam lemak rantai panjang (LCFAs). Dengan kata lain, minyak kelapa yang mengandung MCFA dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Selain mengandung lipid, minyak kelapa juga kaya akan antimikroba seperti asam laurat dan asam kaprat yang memiliki sifat antijamur dan antibakteri. Flora mikro dalam air liur dan usus akan membantu memecah trigliserida dalam minyak kelapa menjadi asam lemak dan gliserol, yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh.

 (Baca Juga:6 Potret Cantiknya Paula Verhoeven, Model yang Siap Dinikahi Baim Wong)


Mengontrol diabetes

Minyak kelapa dapat membantu penderita diabetes dalam mengontrol kadar gula darah, dan meningkatkan sekresi insulin mereka. Selain itu, bahan makanan ini sangat efektif dalam memaksimalkan glukosa darah, sehingga dipercaya dapat mengobati dan mencegah diabetes.

 

Meredakan stres

Minyak kelapa memiliki efek menenangkan yang dapat menghilangkan rasa lelah dan membuat Anda segar dan rileks. Menurut beberapa penelitian, minyak kelapa murni juga dapat membantu meredakan stres karena mengandung antioksidan.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini