nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bleaching Tanpa Merusak Rambut? Begini Kiatnya!

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 21 Juli 2018 15:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 21 194 1925436 bleaching-tanpa-merusak-rambut-begini-kiatnya-SUITknxyW4.jpg Bleaching sebelum mewarnai rambut (Foto:Ist)

 

GONTA-GANTI warna rambut memang bisa menjadi salah satu pilihan simpel, untuk sekedar mengganti suasana agar tak jenuh dengan penampilan diri.

Salah satu langkah dalam proses mewarnai rambut yang harus dilewati, apalagi kalau bukan sesi bleaching yang ditujukan agar warna cat rambut yang dikehendaki bisa masuk dan menyatu sempurna di helai-helai rambut.

Namun bukan rahasia lagi jika proses ini jadi momok saat ingin mewarnai rambut. Sebab proses bleaching biasanya akan membuat rambut jadi tak keruan. Mulai dari area kulit kepala terasa terbakar, rambut malah menjadi warna oranye, hingga rontok yang tak sedikit.

Nah, kerusakan di atas masih bisa saja terjadi sekarang jika kita tidak mengetahui dengan tepat kiat untuk bleaching rambut, tanpa harus membuatnya menjadi rusak parah. Seperti apa kiat agar bisa mem-bleaching rambut tanpa merusak rambut itu sendiri? Menyitat Boldsky, Sabtu (21/7/2018) berikut uraian kiat-kiat yang bisa dijadikan panduan.

 BACA JUGA:

Sederet Keuntungan Ikut PAUD Sejak Balita, Pasti Bikin Takjub Orangtua

 

1. Aplikasikan kondisioner :

Sebelum bleaching, biasakan untuk mengaplikasikan kondisioner ke rambut dengan merata dan didiamkan selama kurang lebih dua jam. Proses bleaching biasanya akan membuat kelembapan alami di rambut jadi hilang hingga akhirnya membuat rambut jadi kering dan kasar. Nah, pemakaian kondisioner ini akan membantu untuk mengunci kelembapan di akar rambut sehingga mencegah rambut jadi kering. Pastikan selain memilih kondisioner yang berkualitas baik, sebisa mungkin pilih yang mengandung base keratin atau protein.

 

2. Pilih produk bleaching dengan bijak :

Banyak produk bleaching di pasaran yang mengklaim janji punya hasil yang bagus. Pastikan kita tak salah memilih produk bleaching. Investasikan dengan tepat kepada produk bleaching yang memang punya kualitas bagus. Trik memilih produk bleaching yang tepat, adalah dengan memperhatikan volume (tertera pada kotak kemasan) yang ada di mana ada dalam jangka 4-10. Semakin tinggi nomornya maka semakin kuat juga produk bleaching tersebut. Jika rambut sudah termasuk rambut tipis dan ringan, disebutkan sebaiknya pilih produk bleaching bernomor volume rendah.

 

3. Serahkan pada ahlinya :

Artinya adalah pilih ahli pewarnaan rambut alias colorist yang mumpuni. Terutama jika kali ini adalah pertamakalinya rambut di-bleaching. Tanya teman-teman, keluarga, atau rekan-rekan sekitar untuk bertanya dan cari tahu soal produk pewarnaan rambut apa yang dipakai, jika tetap kurang yakin maka pilih colorist terbaik. Sedikit agak mahal, namun ini karena menyediakan produk dan jasa yang berkualitas.

 BACA JUGA:

5 Anak Ini Mendadak Viral di Media Sosial, Ada yang Bisa Masuk ke Alam Bawah Sadar Anda!

4. Gunakan deep-conditioning mask :

Kiat satu ini diperlukan untuk yang memiliki tipe rambut berwarna gelap, keriting, dan juga kasar. Sebab tipe rambut ini memang membutuhkan lebih banyak conditioning saat sebelum dan sesudah proses bleaching rambut. Aplikasikan deep-conditioning mask setiap malam kurang lebih satu pekan sebelum hari bleaching rambut tiba. Setelah bleaching, kembali gunakan deep-conditioning selama satu pekan ke depan. Selain itu, pakai juga krim jenis bond-repair treatment rutin per satu pekan. Cukup sisirkan krim (seukuran satu genggaman tangan) di rambut yang basah lalu bungkus rambut memakai shower cap, baru cuci keramas sampai bersih keesokan harinya. Rambut akan jauh lebih lembut, bercahaya setelah satu kali pencucian. Sekaligus, mengurangi volume kerontokan rambut juga loh!

5. Disiplin :

Disiplin di sini maksudnya adalah, ketika hendak bleaching rambut dan tone done maka pastikan sudah membuat janji untuk touch-up di salon terlebih dahulu sebelum meninggalkan salon. Jika ingin pulasan warna tetap menempe sempurna di rambut, maka pertumbuhan akar harus minimal kurang dari satu sentimeter. Nah, jika terlalu lama tidak touch up maka akan ada warna rambut yang berbeda, yang akhirnya harus dilakukan bleaching ulang lagi seluruhnya untuk memperbaiki warna.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini