Daripada Beri Gadget, Ada 7 Permainan untuk Tingkatkan Fungsi Otak Anak

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 23 Juli 2018 15:26 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 23 196 1926043 daripada-beri-gadget-ada-7-permainan-untuk-tingkatkan-fungsi-otak-anak-rCdLVllRzD.jpg Ilustrasi permainan anak (Foto: Mommyish)

ANAK-anak sejak usia balita punya kebiasaan bermain untuk membentuk keterampilan kognitifnya. Ada banyak permainan yang menguntungkan untuk mereka, daripada memberinya gadget.

Sejak kecil anak-anak memang harus dituntut mengasah keterampilan kognitif untuk membangun otaknya untuk mulai berpikir, membaca, belajar, mengingat, hingga memperhatikan lingkungan sekitarnya. Ketika otak anak berkembang, penting bagi orangtua untuk meningkatkan keterampilannya.

Mulai usia balita mereka tentu bisa menirukan segala sesuatu yang dilihat dan didengarnya dari orang lain. Salah satu cara potensial untuk mendukung fungsi kognitifnya dengan baik ialah dengan permainan.

 BACA JUGA:

Suka Nonton Film Horor Bikin Hidup Lebih Sehat dan Bahagia

Jangan berikan gadget, lebih baik Anda memberikan mainan bermanfaat untuk anak-anak. Berikut ulasannya, dilansir Thehealthsite, Senin (23/7/2018).

 

Nyanyikan lagu pengantar tidur

Ini adalah cara yang bagus untuk membangun bonding anak dengan orangtua. Menyanyikan lagu pengantar tidur tidak hanya akan menenangkan anak, tetapi juga bisa membantu otaknya untuk mengenal berbagai jenis suara. Dia pun langsung ikut menyanyi dan cepat tidur nyenyak sepanjang malam.

Belajar identifikasi suara

Sejak usia bayi kenalkan anak-anak dengan berbagai jenis suara di lingkungan sekitarnya. Paling mudah adalah mengenal suara hewan. Kenalkan dia dengan berbagai jenis suara yang membuatnya tertarik. Lebih bermanfaat lagi, kenalkan sekaligus objeknya dalam bentuk gambar supaya mereka lebih tertarik.

Permainan alphabet

Saat anak memasuki usia balita, ajak dia mengenal berbagai jenis alphabet. Paling mudah yakni menyanyikan lagu-lagu ABC yang membuat mereka bernyanyi riang. Dengan cara ini, si kecil bisa meningkatkan kekuatan otaknya yang mudah terhubung dengan lingkungan sekitarnya.

Memperkenalkan warna dan bentuk yang berbeda

Inilah sebabnya mengapa mereka memiliki banyak mainan ini sering disedikan di tempat penitipan anak dan tempat bermain umum. Memperkenalkan konsep bentuk dan warna sangat baik untuk membantu otak untuk mengembangkan dan meningkatkan sel abu-abu. Ini sangat dibutuhkan oleh si kecil untuk mendukung fungsi kognitifnya.

 

Pergi ke taman

Sering-seringlah mengajak anak untuk main ke taman agar dia tahu lingkungan sekitarnya. Di taman pasti banyak hal yang membuatnya tertarik. Misalnya aneka jenis permainan luar ruang yang bikin dia banyak bergerak dan mudah meningkatkan kesehatan mentalnya.

Bermain alat musik

Cara paling ampuh untuk meningkatkan keterampilan otaknya yaitu dengan bermai n alat music. Ajak dia mengenal nada dasar dan menyanyi bersama. Pasti hal itu bikin si kecil betah dan ketagihan.

 BACA JUGA:

Daftar Sepatu Olahraga Paling Instagrammable, Punya Kamu Masuk Gak?

Membaca buku dengan anak

Membaca dongeng atau jenis buku lainnya di hadapan anak membuat mereka semakin kritis. Selain hemat biaya pergi bermain, membaca buku bikin anak mudah fokus. Sebabnya, cara ini dapat meningkatkan kosakata dan mempromosikan pemikiran rasional yang wajar.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini