Share

Lewat Permainan Ular Tangga, Anak Bisa Belajar Matematika Sekaligus Bermain

Annisa Aprilia, Okezone · Senin 23 Juli 2018 17:15 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 23 196 1926148 lewat-permainan-ular-tangga-anak-bisa-belajar-matematika-sekaligus-bermain-EbjK2pUJL9.jpg Ular tangga bisa sekaligus belajar matematika (Foto:Antara/Ilustrasi)

MASA kanak-kanak memang jadi masa paling indah yang diisi dengan bermain. Dalam memperingati Hari Anak Nasional (HAN) 2018 yang bertema GENIUS (Gesit, Empati, Berani, Unggul, Sehat), bermain tetap harus dilakukan oleh anak, terlebih yang memiliki pengaruh baik bagi motorik dan kemampuan otaknya.

Salah satu mainan anak yang bisa menghibur dan mengedukasi ialah permainan ular tangga. Meskipun nampaknya permainan ini sederhana karena hanya mengocok dadu dan menjalankan bidak, namun tanpa disadari memiliki pengaruh baik bagi kecerdasan anak dan kemampuan otaknya.

Manfaat permainan bagi anak tidak cukup sampai di situ saja, sebab bagi pasien anak yang tengah menjalankan proses penyembuhan diberikan mainan bisa jadi hal yang menyenangkan.

“Anak-anak yang sedang dalam kondisi tidak sehat, terutama mereka yang harus menjalani perawatan rumah sakit tentunya membutuhkan perhatian yang lebih dan khusus. Melalui mainan edukasi ular tangga yang kami bagian, kami berharap dapat memberikan rasa senang pada pasien dengan harapan hadiah kecil ini dapat memberikan stimulus bagi kesembuhan mereka,” ucap Caroline Riady, CEO / Deputy President RS Siloam Asri dalam kesempatan Hari Anak Nasional 2018, di Jakarta Selatan, Senin (23/7/2018).

Lebih lanjut, permainan ular tangga meskipun jarang disadari memiliki manfaat, tapi kali ini dikemas dalam konsep edukasi dan hiburan, berisi berbagai macam informasi kesehatan dasar yang ditampilkan desain menarik dan warna cerah. Bahkan, dengan bermain ular tangga, anak bisa mempelajari banyak hal dan mendapatkan manfaatnya sambil bermain.

(Baca Juga: 6 Orang Ini Punya Bagian Tubuh Tambahan, dari 2 Muka hingga 16 Jari Kaki)

(Baca Juga: Jangan Sepelekan Kesepian, Dampaknya Mematikan)

“Bermain merupakan dunia anak-anak. Dengan bermain, ular tangga yang tampak sederhana ini memiliki manfaat bagi anak,” imbuh Caroline.

Caroline pun menjelaskan, manfaat permainan ular tangga yang sering dimainkan sejak dahulu sebelum musim gadget seperti sekarang ternyata mirip dengan pelajaran matematika. Pasalnya, dengan menghitung mata dadu, anak bisa mengenal konsep angka dan bilangan, berlatih berhitung, teliti, percaya diri, dan disiplin.

“Seperti permainan matematika, permainan ular tangga mengajarkan konsep angka dan bilangan, anak bisa berlatih berhitung, belajar teliti dari menyesuaikan jumlah mata dadu dengan pergerakan bidak, disiplin dari menunggu giliran menjalankan bidak, dan membangun percaya diri dalam berhitung yang menjadi dasar bagi anak mengembangkan kemampuan matematikanya,” tandas Caroline.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini