nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Kriteria Produk Perawatan Anak agar Aman dari Iritasi

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 24 Juli 2018 07:20 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 23 196 1926220 ini-kriteria-produk-perawatan-anak-agar-aman-dari-iritasi-PRGShwKFgv.jpg Ilustrasi perawatan bayi (Foto: Organicsunshine)

SELAIN asupan nutrisi seimbang yang baik dan tepat, faktor soal kebersihan juga jadi faktor yang sama pentingnya untuk memastikan anak bisa tumbuh kembang dengan baik tanpa cela.

Kebersihan yang dimaksud, termasuk salah satunya soal kebersihan busana yang dipakai oleh anak terutama untuk anak yang masih bayi. Pemilihan sabun deterjen yang biasa digunakan untuk mencuci membersihkan semua busana anak, yang notebene terkena kontak langsung dengan kulit anak yang masih sensitif sejatinya tidak boleh dilakukan sembarangan.

Sampai salah pilih sabun deterjen untuk busana anak, alih-alih baju anak bisa bersih bebas kuman dan bakteri, yang ada malah berbagai dampak negatif bisa timbul karenanya, seperti yang dituturkan oleh dr Natia Anjarsari, SpA selaku dokter anak dari Rumah Sakit Brawijaya Women And Children, Jakarta.

 BACA JUGA:

Heboh, Rita Ora Pamer Foto Ngemil Enggak Pakai Baju!

"Bahaya salah pilih sabun deterjen anak itu misalnya untuk kulit anak, ditakutkan untuk yang anak kulitnya sensitif itu bisa iritasi. Nah, iritasi berulang-ulang itu namanya infeksi sekunder. Kalau misalnya ada iritasi berlebihan, bakteri jadi bisa masuk ke luka. Maka dari itu, kita harus Ccermat dan bijak memilih produk perawatan anak, produk apapun yang langsung nempel kulit, sebab nyatanya cukup banyak kasus alergi kulit pada anak," tutur dr Natia Anjarsari, SpA saat ditemui belum lama ini di kawasan Jakarta Pusat.

 

Lalu bagaimana soal produk perawatan yang mengandung wewangian? Mengingat tak bisa dipungkiri, ada sebagian ibu yang masih senang untuk memakaikan produk-produk perawatan yang bisa menghasilkan wangi. Boleh atau tidak sebetulnya untuk dipakaikan kepada anak?

"Ini bukan soal wangi-wangi, saya saran sih enggak usah dimacem-macemin, yang boleh hanya diaper cream sebagai pembatas agar tidak langsung kena ke kulit anak, dengan catatan yang dioles itu cuma lipatan paha dan pantat. Sedangkan untuk produk wangi-wangian, ditaruh saja di bajunya bukan langsung di badan bayi atau pada bagian yang enggak terlalu sensitif seperti bagian kaki," imbuhnya.

 BACA JUGA:

Makanan dengan Lelehan Keju di 6 Restoran Ini Bakal Bikin Lidah Meleleh

Kemudian, apa saja kriteria yang harus dilihat dalam memilah-milih produk perawatan untuk anak? Masih dijelaskan oleh dr Natia Anjarsari, SpA, memilih segala produk perawatan khususnya perawatan kulit anak itu yang pertama harus melihat apakah produk tersebut sudah diuji klinis dan lolos atau dengan kata lain dermatology tested , kemudian bahan-bahan yang dipakai sebagai kandungan adalah bahan-bahan alami, sudah food grade (untuk produk pencuci peralatan makan), dan tidak ada kandungan sekaligus memakai pemutih dan pelembut (untuk produk sabun deterjen baju) karena justru malah bisa memicu iritasi pada anak.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini