Share

Ini 8 Penyebab Rumput di Taman Rumah Anda Menguning

Tiara Putri, Okezone · Selasa 24 Juli 2018 04:18 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 23 196 1926268 ini-8-penyebab-rumput-di-taman-rumah-anda-menguning-twWx37j5XK.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

RUMPUT merupakan salah satu tanaman yang sering dimanfaatkan untuk memperindah pekarangan rumah. Rumput hijau yang tumbuh subur memang mampu menyejukkan mata ketika memandangnya. Namun semuanya bisa berubah bila rumput berubah warna menjadi kuning dan terlihat gersang.

Cuaca panas dan kurang penyiraman sering dijadikan alasan untuk kondisi tersebut. Tapi tahukah Anda bila tidak selamanya cuaca dan penyiraman memengaruhi tanaman? Melansir Mirror, Selasa (24/7/2018), inilah sederet penyebab rumput menjadi kuning dan kering:

Panas

Cuaca panas memang dapat mengeringkan halaman dan membuat rumput menguning. Akan tetapi itu semua tergantung pada jenis rumput yang ditanam dan besaran temperatur udara. Untuk memperbaikinya, lakukanlah penyiraman lebih banyak air. Usahakan untuk melakukannya di pagi hari guna mengurangi jumlah air yang menguap ketika cuaca panas.

Selain itu, perhatikan jenis tanah yang ditumbuhi rumput. Sebagai contoh, tanah berpasir membutuhkan lebih banyak penyiraman. Jangan pula terlalu sering menyiram rumput. Sekali atau dua kali seminggu sudah cukup.

 (Baca Juga:Lewat Permainan Ular Tangga, Anak Bisa Belajar Matematika Sekaligus Bermain)

Terlalu banyak air

Menyiram rumput terlalu sering membuatnya mengembangkan akar yang dangkal. Hal ini membuat rumput cepat menguning bila tanah menjadi lebih kering. Selain itu, saat tanah terlalu basah karena disiram banyak air, maka akar rumput tidak akan mendapatkan oksigen dan kemudian mati. Siramlah rumput secara menyeluruh tapi jarang.

Tanah kurang subur

Jika tanah di halaman kurang bernutrisi seperti kekurangan besi dan nitrogen, maka rumput bisa cepat menguning. Cara memperbaikinya adalah melakukan pemupukan. Gunakan alat uji tanah untuk melihat kondisi yang sebenarnya.

 

Terlalu banyak menggunakan pupuk

Pupuk yang terlalu banyak dapat menyebabkan rumput menjadi gosong dan kerusakan lebih dari sekadar kesuburan. Nitrogen dalam pupuk diperlukan untuk pertumbuhan rumput yang sehat, tetapi terlalu banyak akan membakar akar dan mengubah pH di dalam tanah. Gunakan pupuk seperlunya dan tambahkan perawatan dengan penyiraman yang benar.

 (Baca Juga:Jadi Korban Rasisme, Seperti Inilah Gaya Hidup Gelandang Jerman Mesut Ozil)

Terkena urin binatang

Hewan peliharaan seperti anjing dan kucing yang mengencingi rumput dapat membuatnya menguning. Urin mengandung nitrogen yang membakar rumput, sama halnya dengan pemupukan berlebihan. Latihlah hewan peliharaan untuk buang air kecil di tempat yang disediakan.

Kena tumpahan bensin

Berhati-hatilah saat menggunakan mesin pemotong rumput. Sebab apabila bensinnya menumpahi rumput, maka dapat merusaknya secara serius dan bahkan membuatnya mati. Bila rumput terkena bensin, segeralah siram dengan air, tapi jangan terlalu banyak. Untuk amannya, galilah rumput dan tanah yang ketumpahan bensin lalu dibuang guna mengamankan area lain.

Tanah yang terlalu padat

Jika rumput berubah warna di dekat tempat banyak orang yang berjalan di atasnya, maka mungkin tanah di bawahnya terlalu padat. Hal ini membuat air tidak bisa sampai ke akar, sehingga rumput akan mengering. Untuk mengatasinya, doronglah tanah secara berkala dengan garpu taman agar akar rumput mendapatkan aliran air juga.

Memotong rumput terlalu pendek

Permukaan tanah yang tidak rata kadang membuat rumput dipotong terlalu pendek. Hal ini dapat membuat tingkat kelembapan rumput berkurang dan pada akhirnya mulai menguning. Untuk mengatasinya, berilah rumput cukup air untuk tumbuh dan biarkan sedikit lebih lama.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini