nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rekomendasi Resep Lontong Sayur Medan Enak untuk Menu Sarapan

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 24 Juli 2018 06:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 23 298 1926156 rekomendasi-resep-lontong-sayur-medan-enak-untuk-menu-sarapan-V6fdFDnkUW.jpg Lontong sayur medan (Foto: Mercurejakartasimatupang)

LONTONG sayur merupakan salah satu menu sarapan favorit masyarakat Indonesia. Hidangan ini sebetulnya sangat mudah di beberapa kota di Pulau Jawa. Namun uniknya, olahan lontong sayur juga menjadi makanan khas orang-orang Medan, Sumatera Utara.

Keunikan lontong khas Medan adalah terletak pada bumbu lentonya. Bumbu ini membuat cita rasa masakan menjadi lebih gurih dan menggugah selera. Tak heran jika lontong Medan merupakan salah satu menu sarapan favorit penduduk lokal.

Nah, bagi Anda yang ingin mencicipi kelezatannya, berikut Okezone rangkumkan resep lengkap membuat lontong Medan, seperti dikutip dari buku Sajian Sarapan Pagi, karya Lilly T. Erwin, Selasa (23/7/2018).

Bahan

5 buah lontong @ 200 gram, potong bulat, ukuran 2 cm

150 gram tahu, goreng, dan potong dadu

5 buah lento

50 gram bawang goreng, untuk taburan

Lento

150 gram kacang tolo, cuci, rendam 3 jam, rebus hingga empuk lalu tiriskan

100 gram tepung sagu/tapioka

2 sdm minyak, untuk menumis

Bumbu lento yang dihaluskan

2 sdm bawang merah iris

1 sdt ketumbar

1 sdm garam

1 sdm gula pasir

Kaldu

1.500 ml air kaldu, rebusan dari 5 kepala ayam atau 10 buah ceker ayam

2 sdm bawang merah, iris tipis

2 sdm bawang putih, iris tipis

2 sdm minyak, untuk menumis

Sambal petis

10 buah cabai rawit merah

1 sdm bawang putih iris

100 gram petis udang

2 sdm kecap

1 sdt garam

Cara membuat

1. Lento: Bagi kacang tolo menjadi 2 bagian, sebagian dihaluskan dan sebagian lagi dibiarkan utuh. Campur semua bahan lento dengan bumbu dan tepung sagu, aduk rata. Bentuk adonan menjadi bulat dan pipih. Panaskan minyak di wajan antilengket, goreng lento hingga kuning kecokelatan dan matang. Angkat dan tiriskan;

2. Kuah: Rebus kepala ayam/ceker ayam dengan 1500 ml air hingga kaldu mendidih dan agak pekat. Angkat dan saring. Panaskan minyak di wajan, tumis bawang merah dan bawang putih hingga layu dan harum. Masukkan ke dalam kaldu ayam yang sudah disaring, kecilkan api. Masak hingga mendidih kembali;

3. Sambal petis: Haluskan cabai dan bawang putih yang sudah direbus dengan garam, beri kecap manis dan petis, aduk rata;

4. Siapkan mangkuk saji, letakkan dan susun lontong, tahu goreng, tauge, lento, sambal petis, dan siram dengan kuah panas lalu taburi bawang goreng.

lontong sayur medan(Foto: Mercurejakartasimatupang)

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini