Jangan Cuci 4 Bahan Makanan Ini, Malah Berisiko Sebar Kontaminasi

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 24 Juli 2018 05:06 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 23 298 1926357 jangan-cuci-4-bahan-makanan-ini-malah-berisiko-sebar-kontaminasi-pPCmjWWrUT.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BANYAK orang yang mencuci bahan makanan sebelum mengolahnya. Menurut mereka, hal ini bisa mengurangi dan menghilangkan bakteri penyakit yang menempel di makanan tersebut.

Namun tidak semua bahan makanan harus Anda cuci. Alih-alih membersihkan bakteri, mencuci bahan makanan tertentu justru akan membantu menyebarkan kontaminasi bakteri pada masakan maupun ruangan di dapur.

Daripada salah langkah, berikut Okezone rangkumkan 4 jenis bahan makanan yang sebaiknya tidak dicuci, sebagaimana dilansir dari Insider.

Baca Juga: Pengantin Ini Sajikan Makanan Sisa Kepada Para Tamu Undangan

Daging ayam dan ikan

Apakah Anda sering mencuci daging ayam sebelum mengolahnya? Jika demikian, mungkin sudah saatnya untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Mencuci ayam dengan air kran ternyata tidak akan menghilangkan bakteri patogen yang terkandung di dalamnya, justru akan meningkatkan risiko kontaminasi.

"Dengan mencuci ayam mentah di wastafel, Anda mungkin menyebarkan bakteri ke seluruh dapur melalui percikan dan air tetesannya," kata Eric Sieden, direktur nutrisi dan layanan makanan dari Glen Gove.

Satu-satunya cara yang efektif untuk membersihkan daging ayam adalah dengan memasaknya. Ini juga berlaku untuk daging mentah lainnya seperti ikan dan daging sapi.

Daging merah

Seperti yang sudah sempat disinggung sebelumnya, selain daging ayam, sebaiknya Anda tidak mencuci daging merah karena dapat menyebarkan bakteri dan menambah kelembapan pada tekstur daging tersebut. "Kelembapan yang dihasilkan saat daging dicuci akan menciptakan uang yang dapat mempengaruhi rasa masakan," ujar Sieden.

Namun jika Anda tidak bisa menghilangkan kebiasaan mencuci daging sebelum memasaknya, tiriskanlah daging menggunakan paper towel untuk mengurangi kelembapannya. Selain itu, selalu bersihkan wastafel dan permukaan didekatnya setelah Anda mencuci daging.

 

Telur

Meski tidak sesering daging ayam atau ikan, beberapa orang ternyata memilih untuk mencuci telur mereka sebelum mengolahnya. Mereka menganggap, permukaan kulit telur cenderung kotor karena tidak ada yang tahu benda apa yang menyentuhnya saat sang ayam bertelur.

Pada kenyataannya, telur yang dijual di pasaran sudah melwati uji kebersihan dan sangat layak untuk dikonsumsi. Tinggal bagaimana cara Anda mengolahnya.

 

Jamur

Dari segi rasa dan tekstur, jamur sebetulnya mirip seperti daging sapi yang sangat rentan dengan air. Jika Anda mencucinya terlalu lama, rasa dan tekstur jamur tidak akan maksimal ketika diolah.

"Sejumlah chef profesional biasanya membersihkan jamur dengan menggunakan tisu basah karena mereka menyerap air seperti spons. Karena sifatnya itulah Anda harus menjauhkan jamur dari air," tukasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini