Suka Nonton Film Horor Bikin Hidup Lebih Sehat dan Bahagia

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 23 Juli 2018 10:40 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 23 481 1925942 suka-nonton-film-horor-bikin-hidup-lebih-sehat-dan-bahagia-8wghgJswal.jpeg Nonton film horor (Foto: Dreamhost)

SAAT menonton film horor tak hanya adrenalin yang terpacu, tapi juga membuat penonton selalu penasaran. Di balik seramnya film itu juga ternyata ada banyak manfaatnya untuk kesehatan lho.

Menonton film horror memang bisa jadi rutinitas bagi seseorang. Apalagi kalau judul filmnya sedang naik daun. Anda pasti ingin segera menonton film tersebut atau mencari referensi baru yang punya cerita lebih menyeramkan.

Meski terkesan menyeramkan, tak sedikit orang penasaran menonton film tersebut. Nah, agar tidak penasaran dengan manfaatnya, berikut adalah lima manfaat jika Anda menyukai film horror. Simak ulasannya, dilansir Timesofindia, Senin (23/7/2018).

 BACA JUGA:

Pemerintah Targetkan 2030 Nihil Kekerasan Anak

Membakar kalori

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2012 oleh University of Westminster di Inggris meminta 10 orang untuk menonton film-film menakutkan yang berbeda. Denyut jantung, keluaran karbon dioksida dan asupan oksigen dari orang-orang ini dimonitor ketika mereka menonton film. Orang yang menonton film paling menakutkan itu juga sempat panik dan kaget beberapa kali.

Inilah yang menyebabkan pembakaran kalori dengan jumlah cukup. Peneliti menyebutkan jika Anda menonton film horor sekira 40 menit, jumlah kalori yang terbakar ialah 140 kalori. Jika lebih dari itu, tentu jumlah kalori yang terbakar semakin bertambah.

 

Melepas penat atau stres

Seseorang yang suka menonton film horor diklaim bebas stres. Saat menonton dapat menyebabkan pelepasan hormon adrenalin, sehingga membuat jantung Anda berdetak lebih cepat yang bisa menarik energi cadangan dari tubuh Anda. Tentu ini sangat menguntungkan, apalagi kalau Anda menonton film saat pikiran sedang penat.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Penelitian lain yang dipublikasikan dalam Journal Stress mengungkapkan, menonton film yang menakutkan juga dapat meningkatkan sistem kekebalan Anda. Di samping itu, fungsinya dapat meningkatkan sirkulasi darah dan sel darah putih untuk melawan infeksi. Karena menonton film tersebut, otomatis tubuh Anda terjaga dengan baik, bebas flu, batuk dan sakit tenggorokan akibat infeksi.

 BACA JUGA:

Jangan Sepele dengan Kesepian, Bisa Menular hingga Timbulkan Penyakit

Tingkatkan suasana hati Anda

Usai menonton film meskipun bergenre horor rasanya diri kita terhibur. Nah, saat Anda merasa cemas atau frustasi coba saja menonton film itu. Kegiatan tersebut dapat meningkatkan suasana hati Anda yang baik untuk kesehatan mental setiap hari.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini