Hati-Hati, Nyeri Sendi Bisa Menjadi Pertanda Kanker Tulang

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 23 Juli 2018 12:53 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 23 481 1926014 hati-hati-nyeri-sendi-bisa-menjadi-pertanda-kanker-tulang-ZcQRRIhsB1.jpg Ilustrasi (Foto: Express)

NYERI sendi umum terjadi pada orang-orang yang terserang arthritis. Namun tidak selalu kondisi itu merupakan tanda arthritis atau radang sendi. Ternyata, nyeri sendi juga bisa pertanda kanker tulang.

Ya, ciri-ciri kanker tulang memang hampir mirip dengan radang sendi. Meskipun tergolong langka, kanker tulang bisa menyerang anak-anak hingga orang dewasa. Ada 3 jenis utama kanker tulang yaitu osteosarcoma yang menyerang anak-anak dan dewasa muda, sarkoma ewing yang menyerang orang dengan rentang usia 10-20 tahun, dan chondrosarcoma yang menyerang pada individu lebih tua.

 BACA JUGA:

Suka Nonton Film Horor Bikin Hidup Lebih Sehat dan Bahagia

Melansir Express, Senin (23/7/2018), gejala utama kanker tulang adalah nyeri pada tulang yang tidak hilang, malah semakin memburuk dari waktu ke waktu. Kemungkinan ada area tulang yang terasa menyakitkan atau lunak. Rasa sakitnya pun lebih khas yaitu bisa terjadi saat istirahat dan terasa lebih parah di malam hari.

 

Gejala kanker tulang biasanya terjadi di daerah yang terkena, biasanya di tulang panjang pada kaki dan lengan atas. Gejala itu muncul lantaran dipicu oleh aktivitas sel-sel kanker yang mengganggu tulang. Pada anak-anak dan remaja, gejala dan tanda kanker tulang biasanya muncul lebih cepat karena pertumbuhan membuat mereka memiliki risiko lebih besar untuk mengembangkan kondisi.

Selain nyeri sendi atau tulang, ada ciri lain yang menandakan seseorang terkena kanker tulang yaitu kenaikan suhu tubuh hingga 38°C atau bahkan lebih. Jika seseorang menderita kanker tulang, suhu tubuhnya melonjak sehingga menyebabkan demam. Ciri lainnya adalah berkeringat di malam hari lebih dari biasanya.

 BACA JUGA:

Daftar Sepatu Olahraga Paling Instagrammable, Punya Kamu Masuk Gak?

Terakhir, seseorang yang terkena kanker tulang juga dapat mengalami penurunan berat badan secara tiba-tiba tapi tidak dapat dijelaskan penyebabnya. Kondisi ini memang biasanya terjadi setelah peristiwa yang menegangkan. Akan tetapi, penurunan berat badan bisa menjadi tanda penyakit serius seperti kanker.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini