nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peneliti Ungkap Suplemen Minyak Ikan Tidak Membawa Manfaat untuk Jantung, Ini Penjelasannya!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 23 Juli 2018 19:19 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 23 481 1926161 peneliti-ungkap-suplemen-minyak-ikan-tidak-membawa-manfaat-untuk-jantung-ini-penjelasannya-XQbnSUJMNC.jpg Minyak ikan (Foto: Civic Nutrition)

BANYAK dari Anda mungkin mengonsumsi minyak ikan untuk kesehatan. Suplemen ini dipercaya baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh dan secara spesifik bermanfaat untuk jantung.

Tapi, baru-baru ini peneliti ungkap bahwa suplemen minyak ikan tidak membawa dampak apa-apa ke jantung Anda. Hal tersebut diungkapkan oleh para peneliti dari Cochrane yang menguji kandungan minyak ikan pada lebih dari 100.000 orang.

"Kami percaya ulasan ini bertentangan dengan keyakinan populer bahwa omega-3 merupakan suplemen yang dapat melindungi jantung. Tinjauan sistematis ini mencakup informasi dari ribuan orang dalam jangka waktu lama. Terlepas dari semua informasi yang ada, kami tidak melihat adanya efek perlindungan (dari minyak ikan)," kata penulis utama Cochrane, Dr Lee Hooper dari University of East Anglia, seperti dilansir dari BBC, Senin (23/7/2018).

 BACA JUGA:

Suka Nonton Film Horor Bikin Hidup Lebih Sehat dan Bahagia

Hooper melanjutkan, peluang mendapatkan manfaat dari mengonsumsi minyak ikan omega-3 hanya 1:1.000. Fakta ini tentunya mesti disikapi serius oleh Anda semua yang masih mengonsumsi minyak ikan dengan iming-iming kesehatan tubuh yang maksimal.

"Studi ini memberikan bukti bahwa mengonsumsi suplemen omega-3 seperti minyak ikan, EPA, atau DHA, tidak memiliki manfaat bagi kesehatan jantung atau mengurangi risiko stroke," tegasnya.

 

Bahkan kata peneliti, beberapa ikan mengandung bahan kimia yang mungkin berbahaya jika dimakan dalam jumlah besar. Misal Hiu, marlin, dan ikan todak. Jenis ikan ini terbukti mengandung merkuri dalam kadar yang kecil dan harus dihindari oleh perempuan hamil atau perempuan yang sedang merencanakan kehamilan, serta anak di bawah usia 16 tahun.

Meski nihil manfaat bagi kesehatan jantung, peneliti mengatakan bahwa minyak ikan masih direkomendasikan sebagai bagian dari diet sehat dan baik bagi fungsi kesehatan secara umum.

 BACA JUGA:

Daftar Sepatu Olahraga Paling Instagrammable, Punya Kamu Masuk Gak?

"Omega-3 penting bagi tubuh untuk menjaga kesehatan mata, fungsi kekebalan, dan otak, sehingga tidak semua tentang jantung," kata Dr Carrie Ruxton dari Health and Food Supplements Information Service.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini